NOOR, M. FEYZAR (2018) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN BAHAN AJAR KIMIA BERBASIS NILAI-NILAI SPIRITUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X PADA MATERI REAKSI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141131033 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4141131033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
3. NIM 4141131033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
4. NIM 4141131033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM 4141131033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
6. NIM 4141131033 TABLES.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
7. NIM 4141131033 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
8. NIM 4141131033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
9. NIM 4141131033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
13. NIM 4141131033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM 4141131033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan bahan ajar kimia berbasis nilai-nilai spiritual untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas xi pada materi reaksi redoks. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Binjai. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Binjai , terdiri dari 7 kelas. Sampel dalam penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil secara purposive sampling, yakni kelas eksperimen (dengan menggunakan bahan ajar kimia berbasis nilai-nilai spiritual) dan kelas kontrol (dengan bahan ajar pegangan siswa). Sampel siswa sebanyak 34 orang per kelas berdasarkan kehomogenan nilai pre – test. Instrumen dalam penelitian ini adalah instrumen tes, berupa soal – soal pokok bahasan reaksi redoks untuk mengukur hasil belajar kimia siswa (pilihan berganda) sebanyak 20 item yang telah memenuhi syarat (validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, distruktor) dan angket dan lembar observasi nilai spiritual siswa sebanyak 12 item yang telah memenuhi syarat (validitas). Sebagai prasyarat, uji hipotesis hasil belajar siswa kedua kelompok sampel diuji normalitas dan homogenitasnya kemudian diperoleh dua kelompok sampel yang berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan uji Independent Sample T-test menggunakan SPSS versi 21. Dari hasil perhitungan dengan SPSS Versi 21, diperoleh nilai Sig. (2–tailed) untuk perbedaan hasil belajar sebesar 0,002 ; nilai Sig. (2–tailed) untuk hubungan nilai spiritual dengan peningkatan hasil belajar sebesar 0,026; sedangkan nilai ɑ sebesar 0,05. Demikian, hasil data penelitian menunjukkan bahwa dengan perhitungan menggunakan SPSS Versi 21, diperoleh harga Sig. (2–tailed) < harga ɑ, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, artinya ada efektivitas pembelajaran menggunakan bahan ajar kimia berbasis nilai-nilai spiritual untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas xi pada materi reaksi redoks.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 149 |
Keywords: | HASIL BELAJAR KIMIA;EFEKTIVITAS;BAHAN AJAR;NILAI SPIRITUAL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:11 |
Last Modified: | 16 Apr 2019 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34062 |