SIAGIAN, CINTYA ERISA (2018) PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ANALISIS TRANSAKSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA BINA AGUNG MEDAN T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143151011_COVER.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
2. NIM. 1143151011_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
3. NIM. 1143151011_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 1143151011_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
5. NIM. 1143151011_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
6. NIM. 1143151011_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
7. NIM. 1143151011_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
8. NIM. 1143151011_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
9. NIM. 1143151011_BAB I.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
13. NIM. 1143151011_BAB V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
14. NIM. 1143151011_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Analisis Transaksional Untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa Kelas VIII SMP Swasta Bina Agung Medan T.A 2018/ 2019.Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli s/d September 2018. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan one group pre-test post-test design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-1. Sampel ditarik dengan menggunakan metode Purposive sampling sebanyak 8 orang yang berasal dari kelas VIII-1. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket
keterampilan berkomunikasi siswa berjumlah 35 item pernyataan yang telah valid dan reliabel. Kemudian data dianalisis menggunakan uji wilcoxon untuk melihat
apakah ada pengaruh signifikan pemberian layanan bimbingan kelompok teknik analisis transaksional terhadap peningkatan keterampilan berkomunikasi siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada uji
jenjang wilcoxon diperoleh hasil perhitungan dengan skor test awal (pre-test) pada kelompok eksperimen diperoleh rata-rata skor 83,25 sedangkan skor (posttest) diperoleh rata-rata 105, artinya pengaruh pemberian layanan bimbingan
kelompok teknik analisis transaksional lebih signifikan (105>83,25). Ini berarti hipotesis yang berbunyi ada pengaruh signifikan pemberian layanan bimbingan kelompok teknik analisis transaksional untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa kelas VIII-1 SMP Swasta Bina Agung Medan Tahun Ajaran 2018/2019 dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BK 059 |
Keywords: | Berkomunikasi Siswampok ; Teknik Kreatif ; Perilaku Agresi Verbal |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:03 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34047 |