Hajizah (2018) ANALISIS MISKONSEPSI BUKU PELAJARAN BIOLOGI KELAS XII PADA MATERI GENETIKA DI SMA NEGERI SE- KECAMATAN MEDAN KOTA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143341015 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
3. NIM 4143341015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
2. NIM 4143341015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
4. NIM 4143341015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
5. NIM 4143341015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM 4143341015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 4143341015 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 4143341015 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 4143341015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
13. NIM 4143341015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM 4143341015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya miskonsepsi, persentase masing- masing kategori miskonsepsi, dan persentase miskonsepsi pada masing- masing pokok bahasan (substansi materi genetik dan Hukum Mendel) dari materi genetika yang terdapat pada buku pelajaran biologi kelas XII
SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan teknik analisis dokumen (buku pelajaran) untuk menentukan konsep mana yang mengalami miskonsepsi. Sampel penelitian berupa 2 buku pelajaran yang dipilih dengan
teknik purposive sampling dari buku- buku pelajaran biologi kelas XII yang digunakan di SMA Negeri yang ada di Kecamatan Medan Kota. Hasil penelitian menunjukkan terdapat miskonsepsi pada buku A sebesar 26,67% dan pada buku B
sebesar 11,11%. Persentase masing- masing kategori miskonsepsi pada buku A dan B berturut- turut adalah: misidentifications 2,50% dan 0,00%; undergeneralizations 15,00% dan 3,13%, overgeneralizations 10,00% dan 3,13%,
oversimplifications 2,50% dan 6,25% dan obsolete concept and terms 0,00% dan 3,13%. Untuk persentase miskonsepsi berdasarkan pokok bahasan berturut- turut pada buku A dan B adalah: substansi materi genetik 30,00% dan 15,63%, Hukum
Mendel 0,00% dan 0,00.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 194 |
Keywords: | Miskonsepsi; Buku Pelajaran; Materi Genetik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 14:01 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 07:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34044 |