SIHOMBING, WAHAYU OPINO (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DENGAN METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMKS PRAYATNA I MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7143342039 COVER.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
2. NIM 7143342039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
3. NIM 7143342039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
4. NIM 7143342039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
5. NIM 7143342039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. NIM 7143342039 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 7143342039 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
8. NIM 7143342039 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 7143342039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
13. NIM 7143342039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
14. NIM 7143342039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akuntansi 2 SMKS Prayatna 1 Medan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi
siswa kelas XI Akuntansi 2 Medan dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan metode Giving Question and Getting Answer. Penelitian ini dilaksanakan di SMKS Prayatna 1 Medan yang beralamat
di Jl. Letda Sujono No. 403 Medan Tembung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 2 dengan jumlah 35 orang dan objek penelitian ini penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan metode Giving Question and Getting Answer dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas
dan dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, ,pengamatan dan refleksi. Tenik pengumpulan data menggunaan lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan test soal akuntansi untuk melihat hasil belajar akuntansi siswa. Adapun teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Dari hasil analisis diperoleh hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dari siklus I yaitu mencapai 48,57%
siswa (17 orang) yang tergolong aktif, meningkat pada siklus II yaitu mencapai 82,86% siswa (29 orang) yang memenuhi kriteria aktif dalam belajar. Hal ini memenuhi kriteria penilaian ≥75%. Hasil belajar di siklus I terdapat 60% siswa
(21 orang) yang mencapai skor standar yang telah ditentukan dengan nilai ratarata 73,86. Pada siklus ke II menunjukkan ada peningkatan yaitu terdapat 88,57% siswa yang tuntas dalam belajar dengan nilai rata-rata 82,71. Karena aktivitas dan hasil belajar siswa pada siklus II sudah meningkat dan mencapai indikator keberhasilan ini tidak perlu dilanjutkan ke siklus berikutnya. Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan metode Giving Question and Getting Answer di kelas XI Akuntansi 2 SMKS Prayatna 1 Medan Tahun
Pembelajaran 2018/2019 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 090 |
Keywords: | Aktivitas;Hasil Belajar;Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan Metode Giving Question and Getting Answer |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 13:52 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 07:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/34027 |