Amini, Fitri (2018) ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KESULITAN BELAJAR SISWA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KARANG BARU T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143141018 COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. NIM. 4143141018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
3. NIM. 4143141018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
4. NIM. 4143141018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
5. NIM. 4143141018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (335kB) | Preview
6. NIM. 4143141018 TABLES.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
7. NIM. 4143141018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
8. NIM. 4143141018 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
9. NIM. 4143141018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
13. NIM. 4143141018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 4143141018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi sistem ekskresi ditinjau dari aspek kognitif dan indikator pembelajaran serta faktor penyebab kesulitan belajar siswa di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Karang Baru Tahun Pembelajaran 2017/2018. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel diambil secara purposive sampling dengan jumlah 95 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes diagnostic dan angket. Hasil penelitian menunjukkan persentase kesulitan belajar siswa yang tertinggi sampai terendah pada aspek kognitif yaitu C6,C4,C5,C3,C1 dan C2 sebesar 47,37%, 46,5%, 46,00%, 39,61%, 34,74% dan 26,53%. Persentase kesulitan belajar siswa berdasarkan indikator pada materi sistem ekskresi yaitu indikator 1 sebesar 28,95% kategori sedang, indikator 2 sebesar 46,02% kategori sangat tinggi, indikator 3 sebesar 39,89% kategori tinggi dan indikator 4 sebesar 42,32% kategori tinggi. Faktor internal dan eksternal penyebab kesulitan belajar dari persentase kesulitan belajar tertinggi sampai terendah yaitu keluarga (63,15%), minat (63,02%), sekolah (63,00%), psikologi (46,57%), metode mengajar (45,21%), materi (44,42%), motivasi (44,21%), media (44,21%), guru (44,12%), dan kesehatan (44,03%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 196 |
Keywords: | Kesulitan Belajar;Aspek Kognitif;Indikator Pembelajaran;Sistem Ekskresi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 11:57 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 03:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33994 |