PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA PRAYATNA 1 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SIGALINGGING, SONI ANGGA LISTON MANGANJU (2018) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AK SMK SWASTA PRAYATNA 1 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 7143142030 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7143142030 COVER.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7143142030 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7143142030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (480kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7143142030 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7143142030 PREFACE.pdf - Published Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7143142030 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7143142030 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7143142030 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7143142030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7143142030 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7143142030 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7143142030 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7143142030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7143142030 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7143142030 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7143142030 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7143142030 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (538kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7143142030 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7143142030 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7143142030 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7143142030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah “Rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI akuntansi SMK Swasta Praytana 1 Medan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI akuntansi SMK Swasta Praytana 1 Medan melalui penerapan Metode Double Loop Problem Solving. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Praytana 1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 dengan subjek siswa kelas XI Akuntansi 1 yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaa, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis adalah lembar observasi kemampuan berpikir kritis siswa dan tes hasil belajar siswa. Sedangkan untuk analisa data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu kuantitatif dan kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I yaitu 60,84% masuk kategori Cukup Kritis dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 77,31% masuk kategori Kritis.
Sedangkan hasil belajar siswa yang dilaksanakan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus 1 terdapat 19 siswa(54,28%) yang tuntas menjadi 31 siswa (88,57%) pada siklus II.Sebagai indikator ketuntasan klasikal ditetapkan 85% siswa memperoleh nilai ≥ 75. Peningkatan Hasil belajar pada post test I dan II adalah signifikan dan positif hal ini dibuktikan dengan perhitungan thitung (9,53) > ttabel (2,03). Karena Kemampuan berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa pada silkus II Sudah meningkat dan mencapai indikator keberhasilan, tidak perlu dilanjutkan ke Siklus selanjutnya
Dari perolehan hasil belajar siswa dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Double Loop Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Swasta Prayatna 1 Medan T.P 2018/2019 membuktikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 AKT 095
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar, Metode Double Loop Problem Solving
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 11:54
Last Modified: 15 Apr 2019 02:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33986

Actions (login required)

View Item
View Item