ZAKY, NAUFAL (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN MODEL PROBLEM POSING PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 101797 DELI TUA T.A 2017-2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 1143311037_COVER.pdf - Published Version
Download (103kB) | Preview
2. NIM. 1143311037_LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
3. NIM. 1143311037_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
4. NIM. 1143311037_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM. 1143311037_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (189kB) | Preview
6. NIM. 1143311037_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 1143311037_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 1143311037_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM. 1143311037_BAB I.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
13. NIM. 1143311037_BAB V.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
14. NIM. 1143311037_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan melihat hasil belajar siswa SDN 101797 masih rendah. Jumlah murid dalam satu kelas sebanyak 38 orang dimana siswa yang tuntas hanya 24 orang dan siswa tidak tuntas 14 orang,berdasarkan KKM 65 serta guru masing menggunakan model konvensional Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem solving dengan model problem posing pada mata pelajaran IPA siswa di kelas V SD Negeri 101797 Deli Tua tahun ajaran 2017/2018.Jenis penelitian ini merupakan Quasi experiment (eksperimen semu). Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas V-B yang berjumlah 38 orang sebagai kelas Problem Solving dan kelas V-C yang berjumlah 38 orang sebagai kelas Problem Posing. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data
adalah tes hasil belajar siswa berbentuk pilihan berganda yang terdiri dari 30 soal yang telah di validasi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar siswa dengan model Problem Solving adalah 80,34 ± 9,04 lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Posing dengan rata-rata 75,82
± 8,69. Analisis pengujian hipotesis menggunakan uji t dan taraf kepercayaan α = 0,05 menunjukkan thitung>ttabel (2,224> 1,995), yang berarti dalam penelitian ini H0
di tolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran problem solving dengan model problem posing pada mata pelajaran IPA siswa di kelas V
SD Negeri 101797 Deli Tua tahun ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 PGSD 448 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 11:53 |
Last Modified: | 15 Apr 2019 02:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33985 |