Wulandari, Sri (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) DENGAN KARTU DESTINASI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI REDOKS. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4143131032 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM. 4143131032 APPROVIAL SHEET.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
3. NIM. 4143131032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
4. NIM. 4143131032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 4143131032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. NIM. 4143131032 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4143131032 TABLES.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8. NIM. 4143131032 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
9. NIM. 4143131032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
13. NIM. 4143131032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 4143131032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (243kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kreativitas dan peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat pengajaran model pembelajaran teams games tournaments dengan kartu destinasi lebih tinggi daripada kreativitas dan peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat pengajaran model pembelajaran direct interaction. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 9 Medan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara purposif sampling sebanyak dua kelas, yakni kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan penerapan model pembelajaran teams games tournaments dengan kartu destinasi dan kelas X MIA 3 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan penerapan model pembelajaran direct interaction. Instrumen tes yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 18 soal dengan reabilitas 0,879. Untuk uji hipotesis I mengenai peningkatan kreativitas siswa dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh data thitung > ttabel yakni 1,72 > 1,6723, yang berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu kreativitas siswa yang mendapat pembelajaran model pembelajaran teams games tournaments dengan kartu destinasi (72,5%) lebih tinggi dibandingkan kreativitas siswa yang mendapat pembelajaran model pembelajaran direct interaction (66,46%), sedangkan untuk uji hipotesis II mengenai hasil belajar siswa diperoleh data thitung > ttabel yakni 2,39 > 1,6723 yang berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu peningkatan hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran model pembelajaran teams games tournaments dengan kartu destinasi lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang mendapat pembelajaran model direct interaction. Dan terakhir Uji hipotesis III, didapat bahwa ada korelasi positif antara kreativitas dan peningkatan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran teams games tournaments dengan kartu destinasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 KIM 155 |
Keywords: | Teams Games Tournaments (TGT); Kartu Destinasi; Kreativitas; Hasil Belajar; Reaksi Redoks |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 11:41 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33959 |