Azmi, Ulil (2011) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN KECAKAPAN SOSIAL SISWA DI SMP NEGERI 6 TEBING TINGGI. Masters thesis, UNIMED.
0809825021 Judul.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
0809825021 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
0809825021 Abstrak.pdf - Published Version
Download (101kB) | Preview
0809825021 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
0809825021 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
0809825021 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
0809825021 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
0809825021 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
0809825021 Bab I.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
0809825021 Bab V.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
0809825021 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA dan kecakapan sosial serta menentukan mana yang lebih tinggi antara hasil belajar IPA dan kecakapan sosial pada kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori.Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen yang dilakukan di SMP Negeri 6 Tebing Tinggi, sebagai sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII(1), kelas VIII(2), dan kelas VIII(7) yang dilakukan secara random (random sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen yang terdiri dari: tes hasil belajar IPA siswa dan angket kecakapan sosial siswa. Instrumen yang digunakan sudah distandarisasi dan diperoleh butir-butir tes yang validitas dan reliabel. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) satu jalur dengan menggunakan program SPSS 17,0. Berdasarkan pengujian hipotesis pada taraf signifikan 95% diperoleh Fhitung > Ftabel, sehingga terbukti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, TGT dan ekspositori, dan untuk kecakapan sosial siswa diperoleh Fhitung > Ftabel, sehingga terbukti bahwa terdapat perbedaan kecakapan sosial antara siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, TGT dan ekspositori.Berdasarkan uji lanjut pada taraf signifikan 95% diperoleh bahwa: (1) Terdapat perbedaan secara sangat signifikan antara hasil belajar IPA siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperiatif tipe jiasaw dan TGT dengan hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori. (2) Tidak terdapat perbedaan secara signifikan antara hasil belajar IPA siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe TGT. (3) Terdapat perbedaan secara sangat signifikan antara kecakapan sosial siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, TGT dan strategi pembelajaran ekspositori.Dari hasil penelitian, maka peneliti menyarankan bahwa penerapan stategi pembelajaran kooperatif tipe jiasaw dan tipe teams games tournament (TGT) dapat dijadikan sebagai salah satu altematif dalam meningkatkan hasil belajar IPA dan kecakapan sosial siswa, sehingga dapat dijadikan masukan bagi guru dan kepala sekolah untuk dikembangkan sebagai strategi pembelajaran yang efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Azm p |
Keywords: | Pembelajaran IPA; Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran ekspositori; Kecakapan sosial; Teams Games Tournament |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 May 2016 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3393 |