PAKPAHAN, DAME CHRISTINA (2018) PENGARUH MINAT MEMBACA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 12 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 7143141017 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2 NIM. 7143141017 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
3 NIM. 7143141017 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
4 NIM. 7143141017 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
5 NIM. 7143141017 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
6 NIM. 7143141017 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7 NIM. 7143141017 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
8 NIM. 7143141017 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
9 NIM. 7143141017 BAB I.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
13 NIM. 7143141017 BAB V.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
14 NIM. 7143141017 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh minat membaca terhadap prestasi belajar siswa, (2) Mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa, (3) Mengetahui pengaruh minat membaca dan fasilitas
belajar dalam menunjang prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 12 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 12 Medan yang berjumlah 110 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil
menggunakan random sampling, yaitu mengambil 50% per kelas dari jumlah siswa yaitu berjumlah 56 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi dan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah
teknik analisis regresi linier berganda dan menggunakan uji hipotesis secara parsial (uji t) dan secara simultan (uji f) serta menggunakan koefisien determinasi. Sebelum dilakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji
normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian terhadap hipotesis secara parsial untuk minat membaca dengan taraf signifikan 95% menunjukkan nilai
thitung 3,932 dan nilai ttabel 1,672 maka diperoleh thitung lebih besar daripada ttabel (3,932 > 1,672) maka Ha diterima Ho tidak dapat diterima, dan pengujian hipotesis untuk fasilitas belajar dengan taraf signifikan 95% menunjukkan nilai thitung 3,983 dan nilai ttabel 1,672 maka diperoleh thitung lebih besar daripada ttabel atau 3,983 >1,672 maka Ha diterima Ho tidak dapat diterima. Untuk pengujian
secara simultan menunjukkan Fhitung lebih besar daripada Ftabel (79,487 > 3,16)
berarti Ho ditolak Ha diterima, dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,750 atau
75 %, dimana hal ini menunjukkan bahwa besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel minat membaca dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar adalah sebesar 75%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Ada pengaruh positif dan signifikan antara minat membaca terhadap prestasi belajar siswa, 2. Ada pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar siswa. 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat membaca dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa
kelas XI IPS SMA Negeri 12 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 090 |
Keywords: | MINAT MEMBACA, FASILITAS BELAJAR, PRESTASI BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 11:19 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 04:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33917 |