SIAHAAN, DEBY YURIKA LASMARITO (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7143342011 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 7143342011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (505kB) | Preview
3. NIM. 7143342011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
4. NIM. 7143342011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
5. NIM. 7143342011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
6. NIM. 7143342011 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 7143342011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7143342011 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
9. NIM. 7143342011 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
13. NIM. 7143342011 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 7143342011 BILIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Listening Team terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan yang beralamat di Jalan Sindoro No. 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Ak yang terdiri dari 4 kelas sebanyak 143 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik Simple Purposive Sampling yang terdiri dari 30 siswa dari kelas XII Ak 3 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa dari kelas XII Ak 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes objektif sebanyak 20 soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 78,16 dengan standar deviasi 7,93 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 63,5 dengan standar deviasi 10,09. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk = n1 +n2 – 2 diperoleh thitung> ttabel (6,2585> 1,671), maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Listening Team lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 100 |
Keywords: | Model Pembelajaran Listening Team, Metode Pembelajaran Konvensional dan Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 11:18 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 04:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33916 |