SIMARMATA, NOVRIANTI ROTUA (2018) KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN PADA SISWA KELAS IX DI SLB-C ABDI KASIH MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2143210017 COVER.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
2. NIM 2143210017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
3. NIM 2143210017 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM 2143210017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
5. NIM 2143210017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM 2143210017 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM 2143210017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 2143210017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (388kB) | Preview
12. NIM 2143210017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
13. NIM 2143210017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca anak tunagrahita ringan pada siswa kelas IX di SLB-C Abdi Kasih dalam aspek membaca huruf alphabet, membaca suku kata dan membaca kata. Metode penelitian yang digunakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan membaca, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca anak tunagrahita ringan pada siswa kelas IX di SLB-C Abdi Kasih dalam penilaian kategori cukup. Dari 5 siswa ada 2 siswa yang mampu menguasai 26 huruf alfabet dengan skor 36. Indikator penilaian seperti pelafalan, intonasi dan kelancaran. Kemampuan membaca suku kata sampai pada tahapan lima suku kata berpola. Dan 3 siswa mampu menggabungkan huruf menjadi kata, memenggalkan per suku kata. kemampuan membaca kata juga cukup baik. Hal ini diperjelas bahwa 2 siswa mampu membaca suatu bahan bacaan dengan baik. Secara fonologi mampu membedakan huruf yang bunyinya hampir sama. Misalnya kata /jaman/ dan /zaman/ kemudian kata /makan/ dan /makam/. Hal ini terbukti dalam hasil penelitian berdasarkan tes kemampuan membaca dan observasi. Hasil penelitian tersebut dapat ditunjukkan dalam kemampuan membaca anak tunagrahita ringan yang terbagi dalam 3 aspek yakni aspek membaca huruf alphabet, membaca suku kata dan membaca kata pada saat dilakukan penilaian akhir dari kelima murid SLB-C Abdi Kasih Medan kelas IX, hasil yang diperoleh sebesar 73,3.Dengan jumlah tersebut maka siswa tunagrahita ringan di SLB-C Abdi Kasih Medan dikategorikan cukup dalam hal membaca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 127 |
Keywords: | Kemampuan membaca;siswa tunagrahita ringan;membaca permulaan |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 11:10 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 03:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33902 |