KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN PADA SISWA KELAS IX DI SLB-C ABDI KASIH MEDAN

SIMARMATA, NOVRIANTI ROTUA (2018) KEMAMPUAN MEMBACA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN PADA SISWA KELAS IX DI SLB-C ABDI KASIH MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2143210017 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2143210017 COVER.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2143210017 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2143210017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2143210017 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2143210017 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2143210017 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2143210017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2143210017 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2143210017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2143210017 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2143210017 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2143210017 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2143210017 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2143210017 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2143210017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2143210017 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2143210017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2143210017 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2143210017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca anak tunagrahita ringan pada siswa kelas IX di SLB-C Abdi Kasih dalam aspek membaca huruf alphabet, membaca suku kata dan membaca kata. Metode penelitian yang digunakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan membaca, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca anak tunagrahita ringan pada siswa kelas IX di SLB-C Abdi Kasih dalam penilaian kategori cukup. Dari 5 siswa ada 2 siswa yang mampu menguasai 26 huruf alfabet dengan skor 36. Indikator penilaian seperti pelafalan, intonasi dan kelancaran. Kemampuan membaca suku kata sampai pada tahapan lima suku kata berpola. Dan 3 siswa mampu menggabungkan huruf menjadi kata, memenggalkan per suku kata. kemampuan membaca kata juga cukup baik. Hal ini diperjelas bahwa 2 siswa mampu membaca suatu bahan bacaan dengan baik. Secara fonologi mampu membedakan huruf yang bunyinya hampir sama. Misalnya kata /jaman/ dan /zaman/ kemudian kata /makan/ dan /makam/. Hal ini terbukti dalam hasil penelitian berdasarkan tes kemampuan membaca dan observasi. Hasil penelitian tersebut dapat ditunjukkan dalam kemampuan membaca anak tunagrahita ringan yang terbagi dalam 3 aspek yakni aspek membaca huruf alphabet, membaca suku kata dan membaca kata pada saat dilakukan penilaian akhir dari kelima murid SLB-C Abdi Kasih Medan kelas IX, hasil yang diperoleh sebesar 73,3.Dengan jumlah tersebut maka siswa tunagrahita ringan di SLB-C Abdi Kasih Medan dikategorikan cukup dalam hal membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 IND 127
Keywords: Kemampuan membaca;siswa tunagrahita ringan;membaca permulaan
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 11:10
Last Modified: 12 Apr 2019 03:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33902

Actions (login required)

View Item
View Item