HARAHAP, MARA DEVI (2018) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 10 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 7143341042 COVER.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
02. NIM 7143341042 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (481kB) | Preview
03. NIM 7143341042 PREFACE .pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
04. NIM 7143341042 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
05. NIM 7143341042 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
06. NIM 7143341042 LIST OF TABLES .pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
07. NIM 7143341042 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
08. NIM 7143341042 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
09. NIM 7143341042 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
13. NIM 7143341042 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
14. NIM 7143341042 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orangtua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 10 Medan yang beralamat di Jalan Tilak No. 108, Kec. Medan Kota, Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dala penelitian ini
sebanyak 95 siswa dan sampel sebanyak 95 siswa dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan, wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket. Sebelum digunakan angket tersebut diuji terlebih dahulu. Dari hasil
pengujian diperoleh bahwa angket tersebut valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Dari hasil analisis uji t untuk variabel status sosial ekonomi orangtua (X1) diperoleh thitung > ttabel (2,557 > 1,661) dan motivasi belajar (X2) diperoleh thitung > ttabel (6,180 > 1,661). Sedangkan untuk uji F dilakukan dengan membandingkan hasil antara Fhitung > Ftabel (64,837 > 3,10). Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel status sosial ekonomi orangtua dan motivasi belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan baik secara pasial maupun simultan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 10 Medan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 092 |
Keywords: | Status Sosial Ekonomi Orangtua; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 11:08 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 03:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33897 |