NAPITUPULU, BUNGA GUSTIANA (2018) PERBEDAAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPA MAM (MAKE A MATCH) DENGAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) PADA MATERI SISTEM SARAF MANUSIA DI KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 HAMPARAN PERAK T.P. 2017/201. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4143341007 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
2. NIM 4143341007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
3. NIM 4143341007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (336kB) | Preview
4. NIM 4143341007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
5. NIM 4143341007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. NIM 4143341007 TABLES.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
7. NIM 4143341007 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM 4143341007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
8. NIM 4143341007 APPANDICES.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
13. NIM 4143341007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
14. NIM 4143341007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil dan aktivitas belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe MaM (Make a Match) dan STAD (Student Team Achievement Division) pada materi sistem saraf
manusia di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Hamparan Perak T.P. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian terdiri dari 68 orang dan teknik pengambilan sampel dengan cara random sampling, dimana kelas XI MIA 4 (kelas MaM) sebanyak 34 orang, dan kelas XI MIA 2 (kelas STAD) sebanyak 34 orang. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data berupa tes yang berbentuk soal pilihan berganda terdiri dari 25 butir soal dan lembar
observasi aktivitas siswa. Berdasarkan analisis data bahwa nilai rata-rata hasil belajar model pembelajaran STAD sebesar 81.41 dengan SD 8.46 dan hasil belajar model MaM sebesar 77.06 dengan SD 9.66 serta nilai rata-rata aktivitas
belajar siswa dengan pembelajaran model kooperatif MaM dan STAD, kelas STAD (79.11) lebih tinggi daripada kelas MaM (75.08). Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan 0.05, dapat disimpulkan ada
perbedaan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran model kooperatif MaM dengan STAD pada materi sistem saraf manusia di kelas XI MIA SMA Negeri 1 Hamparan Perak T.P. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 BIO 201 |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa, Aktivitas Belajar Siswa, Model MaM, Model STAD. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 11:02 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33889 |