Nasution, Rikha Fadila (2011) PERSEPSI SISWA TENTANG KESULITAN BELAJAR PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DI SMA SWASTA KECAMATAN MEDAN TEMBUNG. Masters thesis, UNIMED.
809735014 Judul.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
809735014 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
809735014 Abstrak.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
809735014 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
809735014 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
809735014 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
809735014 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
809735014 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
809735014 Bab I.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
809735014 Bab V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
809735014 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk. mengetahui persepsi siswa tentang kesulitan belajar pada materi sistem gerak manusia. Penelitian ini bersifat deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswa yang memiliki nilai tidak tuntas pada materi pokok sistem gerak manusia (nilai dibawah 65) pada materi pokok sistem gerak pada manusia yang tersebar di empat SMA Swasta Kecamatan Medan Tembung, antara lain SMA Swasta Al-Hidayah Medan, SMA Swasta Budisatrya Medan, SMA Swasta Pembinaan Graha Kirana Medan dan SMA Swasta Utama Medan. Teknik penarikan sampel yaitu digunakan teknik sampel total berdasarkan ketidaktuntasan siswa pada materi pokok sistem gerak manusia. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan instrumen angket. Data dianalisis dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian ini digambarkan bahwa kesulitan siswa pada sub materi sistem gerak manusia di kelas XI SMA Swasta Kecamatan Medan Tembung memiliki rentang kesulitan dalam kategori sangat tinggi, tinggi dan rendah. Kategori kesulitan yang sangat tinggi yaitu pada sub materi mekanisme kontraksi otot sebanyak 96,78%, sumber energi kontraksi otot sebanyak 95,71%, hubungan antar tulang sebanyak 93,57%, osifikasi sebanyak 91,43%, sistem rangka sebanyak 84,28%, tulang dan sendi sebanyak 81,43%. Kategori kesulitan tinggi yaitu pada sub materi otot sebanyak 80,35%. Kategori kesulitan rendah yaitu pada sub materi kelainan penyakit pada sistem gerak manusia sebanyak 63,57% dan perbedaan otot polos, lurik dan jantung sebanyak 59,64%. Hasil penelitian menyatakan faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada materi pokok sistem gerak manusia, yaitu siswa kesulitan memahami materi yang terdapat pada buku pegangan sekolah sebanyak 25,43%, penjelasan guru kurang dapat dipahami sebanyak 24,29%, kurangnya media pembelajaran sebanyak 23,14%, kurangnya buku sumber lain sebanyak 16,71% dan terlalu banyak bahasa latin yang tidak dapat dimengerti sebanyak 10,43%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 573.7 Nas p |
Keywords: | Biologi; Sistem gerak manusia; Kesulitan belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 May 2016 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3387 |