Saragih, Olivia Laura (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN PENDEKATAN GUIDED NOTE TAKING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7141142026 COVER.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
2. NIM. 7141142026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (526kB) | Preview
3. NIM. 7141142026 PREFACE.pdf - Published Version
Download (298kB) | Preview
4. NIM. 7141142026 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
5. NIM. 7141142026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM. 7141142026 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 714112026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 7141142026 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 7141142026 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
13. NIM. 7141142026 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
14. NIM. 7141142026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar akuntansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2018/2019 melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Pendekatan Guided Note Taking.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tanjung Pura 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini Adalah Penerapan Strategi Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Pendekatan Guided Note Taking. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil angket mengenai minat belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan minat belajar siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari minat belajar siswa pada siklus I terdapat 3 siswa (10%) untuk kriteria minat tinggi, 10 siswa (33,33%) untuk kriteria minat sedang dan 17 siswa (56,67%) untuk kriteria minat rendah. Sedangkan pada siklus II terdapat 24 siswa (80%) dengan kriteria minat tinggi dan 6 siswa (20%) dengan kriteria minat sedang , berdasarkan kriteria penilaian yaitu 76%-100% dikatakan minat tinggi sedangkan hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 30 siswa hanya 16 siswa (53,33%) yang tuntas belajar pada siklus I menjadi 27 siswa (90%) pada siklus II. Hal ini sudah menunjukkan siklus II sudah mencapai KKM secara klasikal yaitu 85%. Adanya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siklus I dan hasil belajar siklus II dengan > , yaitu 10,18 > 1,699. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa Penerapan Strategi Pembelajaran Creative Problem Solving Dengan Pendekatan Guided Note Taking dapat Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 103 |
Keywords: | Minat Belajar, Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Creative Problem Solving, Pendekatan Guided Note Taking |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 10:53 |
Last Modified: | 12 Apr 2019 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33866 |