Bukit, Irene (2011) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI GURU BIOLOGI PADA MATERI RESPIRASI DAN FOTOSINTESIS DI SMA SE-KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
081188910017 Judul.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
081188910017 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (80kB) | Preview
081188910017 Abstrak.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
081188910017 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
081188910017 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
081188910017 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
081188910017 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
081188910017 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
081188910017 Bab I.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
081188910017 Bab V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
081188910017 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Pemahaman konsep sangat penting dalam pembelajaran biologi, namun sering ditemukan pemahaman konsep yang salah, disebut sebagai miskonsepsi. Materi respirasi dan fotosintesis merupakan materi yang kompleks dan abstrak bila pemahaman konsep kurang maka dapat memicu terjadinya miskonsepsi. Miskonsepsi guru mempengaruhi miskonsepsi pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi guru biologi pada materi respirasi dan fotosintesis di SMA se-kota Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru biologi SMA kota Medan yang berjumlah 338 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling dan untuk menentukan jumlah sampel guru dengan teknik area probability sampling sebanyak 77 orang. Diperoleh data berupa hasil tes diagnostik, lalu dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan guru biologi SMA se-kota Medan teridentifikasi memiliki miskonsepsi kategori rendah. Hasil analisis miskonsepsi per item mengidentifikasi miskonsepsi pada materi respirasi meliputi konsep tahapan reaksi respirasi dan hasil respirasi sedangkan pada materi fotosintesis meliputi konsep proses reaksi fotosintesis dan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis. Miskonsepsi guru terdapat dalam bentuk hubungan antar konsep.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 572.407 Buk i |
Keywords: | Biologi; Miskonsepsi; Respirasi; Fotosintesis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 May 2016 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3385 |