PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN SISWA MEMBUAT MIND MAP TENTANG SISTEM REPRODUKSI MANUSIA

Sormin, Helendora (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN SISWA MEMBUAT MIND MAP TENTANG SISTEM REPRODUKSI MANUSIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4143141022 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4143141022 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4143141022 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4143141022 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4143141022 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4143141022 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4143141022 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4143141022 PREFACE.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4143141022 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4143141022 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4143141022 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4143141022 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4143141022 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4143141022 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4143141022 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4143141022 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4143141022 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4143141022 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4143141022 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4143141022 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4143141022 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4143141022 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (301kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran learning cycle 5E terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan siswa membuat mind map tentang sistem reproduksi manusia di kelas IX SMP Negeri 37 Medan tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment), dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 212 orang. Sampel penelitian diperoleh dengan teknik purposive sampling. Sampel Penelitian yaitu kelas IX-A dan IX-B. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan nontes, tes berupa soal pilihan berganda sebanyak 25 soal dan nontes berupa mind map. Data dianalisis secara deksriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kognitif kelas eksperimen sebesar 81.37 dan kelas kontrol sebesar 76,88 sedangkan nilai mind map kelas eksperimen sebesar 13,74 dengan kategori baik dan kelas kontrol sebesar 9.44 dengan kategori cukup. Setelah dilakukan uji hipotesis, dari data postest diperoleh thitung = 9,16 dan ttabel = 1.99 dengan α = 0.05, dari data mind map diperoleh thitung = 2.30 dan ttabel = 1.99 dengan α = 0.05. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran learning cycle 5E terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan siswa membuat mind map tentang sistem reproduksi manusia kelas IX SMP Negeri 37 Medan tahun ajaran 2018/2019. Temuan ini menunjukkan penerapan model pembelajaran learning cycle 5E mampu meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan siswa membuat mind map tentang sistem reproduksi manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 BIO 213
Keywords: Learning Cycle 5E, Kemampuan Kognitif, Mind Map, Sistem Reproduksi Manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 08 Apr 2019 10:40
Last Modified: 11 Apr 2019 04:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33841

Actions (login required)

View Item
View Item