WIJAYA, RISMA SUMIHAR (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ARUS LISTRIK SEARAH DI KELAS XII SEMESTER I SMA NEGERI 9 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123121061 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
2. NIM 4123121061 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
3. NIM 4123121061 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4. NIM 4123121061 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
5. NIM 4123121061 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
6. NIM 4123121061 DAFTAR GAMBAR_docx.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
7. NIM 4123121061 DAFTAR TABEL_docx.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
8. NIM 4123121061 DAFTAR LAMPIRAN_docx.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
9. NIM 4123121061 BAB I_docx.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
13. NIM 4123121061 BAB V_docx.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM 4123121061 DAFTAR-PUSTAKA_docx.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fluida dinamis di kelas XII semester I SMA Negeri 9 Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini
adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 9 Medan yang berjumlah 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas, yaitu kelas XII MS-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII MS-3 sebagai kelas kontrol, jumlah siswa masingmasing tiap kelas 40 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk essay berjumlah 10 soal yang telah divalidkan oleh validator. Penilaian sikap dan keterampilan siswa dengan menggunakan lembar observasi. Hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh rata-rata sikap dan keterampilan
termasuk dalam kategori baik sedangkan di kelas kontrol penilaian sikap termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi arus listrik searah di kelas XII semester I SMA Negeri 9 Medan T.P. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 167 |
Keywords: | Hasil Belajar, Model Berbasis Masalah, Sikap, Keterampilan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 10:24 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 03:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33809 |