SARAGIH, ESTERIA (2018) PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET DAN WAKTU BELAJAR SISWA DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA/SISWI KELAS X IIS SMA NEGERI 6 PEMATANGSIANTAR T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7143141023 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 7143141023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
3. NIM 7143141023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
4. NIM 7143141023 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
5. NIM 7143141023 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6. NIM 7143141023 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM 7143141023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 7143141023 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM 7143141023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
13. NIM 7143141023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
14. NIM 7143141023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pengaruh penggunaan internet terhadap prestasi belajar siswa, (2) Mengetahui pengaruh waktu belajar siswa di rumah terhadap prestasi belajar siswa, (3) Mengetahui penggunaan internet dan waktu belajar siswa di rumah dalam menunjang prestasi belajar ekonomi siswa kelas X IIS SMA Negeri 6 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IIS SMA
Negeri 6 Pematangsiantar yang berjumlah 93 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik total sampling, yaitu mengambil seluruh populasi sebagai sampel penelitian yaitu berjumlah 93 orang. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dokumentasi dan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda dan menggunakan uji hipotesis secara parsial (uji t) dan secara simultan (uji f) serta menggunakan
koefisien determinasi. Sebelum dilakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian terhadap hipotesis secara parsial untuk penggunaan internet dengan taraf signifikan 95 % menunjukkan nilai thitung 4,108 dan nilai ttabel 1,661 maka diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (4,108 > 1,661) maka Ha diterima sedangkan Ho tidak dapat diterima, dan pengujian hipotesis untuk waktu belajar siswa di rumah dengan taraf signifikan 95% menunjukkan nilai thitung 3,892 dan nilai ttabel 1,661 maka diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (3,892 > 1,661) maka Ha diterima Ho tidak dapat diterima. Untuk pengujian secara simultan menunjukkan Fhitung lebih besar dari Ftabel
(20,504 > 3,10) berarti Ho ditolak Ha diterima, dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,313 atau 31,3%%, dimana hal ini menunjukkan bahwa besarnya sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel penggunaan internet dan waktu
belajar siswa di rumah terhadap prestasi belajar adalah sebesar 31,3%.
Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Ada
pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan internet terhadap prestasi belajar siswa, 2. Ada pengaruh positif dan signifikan antara waktu belajar siswa di rumah terhadap prestasi belajar siswa. 3. Ada pengaruh yang positif dan
signifikan antara penggunaan internet dan waktu belajar siswa di rumah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas X IIS SMA Negeri 6 Pematangsiantar. Saran yang diberikan penulis diantaranya agar guru mata pelajaran Ekonomi secara optimal memberikan pengawasan kepada siswa untuk menghindari dampak negatif dari penggunaan internet siswa dalam proses pembelajaran dan memberikan pekerjaan rumah atau tugas latihan yang variatif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 105 |
Keywords: | Penggunaan Internet, Waktu Belajar Siswa Di Rumah, Prestasi Belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 10:19 |
Last Modified: | 11 Apr 2019 02:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33800 |