Ahmad, Bahrul (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA SEKOLAH MENENGAH. Masters thesis, UNIMED.
0809715003 Judul.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
0809715003 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (0B)
0809715003 Abstrak.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
0809715003 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
0809715003 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
0809715003 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
0809715003 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
0809715003 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
0809715003 Bab I.pdf - Published Version
Download (332kB) | Preview
0809715003 Bab V.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
0809715003 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian: 1) mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Kluet Utara setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah, 2) mengetahui peningkatan komunikasi matematik siswa kelas VIII-I SMP Negeri 1 Kluet Utara setelah penerapan model pembelajaran berbasis masalah, 3) mendeskripsikan kadar aktivitas aktif siswa kelas VIII-I SMP Negeri 1 Kluet Utara dalarn pelaksanaan model pembelajaran berbasis masalah, 4) mendeskripsikan tingkat kemarnpuan guru mengelola model pembelajaran berbasis masalah di kelas VIII-I SMP Negeri 1 Kluet Utara. Penelitian berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK), di SMP N 1 Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan. Subjek penelitian siswa kelas VIII-I tahun peJajaran 2010/2011 terdiri dari 19 orang laki-laki dan 28 orang perempuan. Objek penelitian; 1) objek yang mencerminkan proses yaitu tindakan penerapan model pembelajaran berbasis masalah beserta perangkat-perangkatnya antara lain RPP, bahan ajar, LAS, lembar observasi; 2) objek yang mencerminkan produk yaitu kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika dan komunikasi matematik. Data-data penelitian diperoleh dari skenario pembelajaran, lembar observasi siswa dan guru, tes kemampuan pemahaman konsep dan tes kemampuan komunikasi matematik. Hasil validasi terhadap perangkat dan intrumen dalarn kategori (Dapat digunakan tanpa revisi) dan hasil uji coba instrumen tes memiliki valididas 0,74 atau tinggi, reliabilitas 0,96 atau sangat tinggi, daya pembeda 0,41 kategori baik dan tingkat kesukaran 0.41 kategori baik. Penelitian terdiri 2 siklus dan tes diberikan pada setiap akhir siklus. Hasil tindakan siklus I dan siklus II: l) hasil tes pemaharnan konsep matematika siklus I nilai rata-rata 54,4 dan secara klasikal kategori baik 45
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Matematika; Komunikasi matematik; Model pembelajaran; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 14 Jun 2016 01:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3379 |