SILVIA, DIKA (2018) PERBEDAAN PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN DAN MODUL PADA PRAKTIK MERAWAT PERALATAN RUMAH TANGGA LISTRI (MPRTL) KELA XI TITL DI SMK NEGERI 2 LANGSA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5142131001 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 5142131001 LEMBAR PENGESAHAAN DAN LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (841kB) | Preview
3. NIM. 5142131001 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
4. NIM. 5142131001 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
5. NIM 5142131001 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
6. NIM 5142131001 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
7. NIM 5142131001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
8. NIM 5142131001 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
9. NIM. 5142131001 BAB I.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
10. NIM. 5142131001 BAB II.pdf - Published Version
Download (874kB) | Preview
11. NIM. 5142131001 BAB III.pdf - Published Version
Download (691kB) | Preview
12. NIM. 5142131001 BAB IV.pdf - Published Version
Download (888kB) | Preview
13. NIM. 5142131001 BAB V.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
14. NIM. 5142131001 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
15. NIM. 5142131001 LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (7MB) | Preview
Abstract
belajar dan proses pembelajaran agar siswa aktif mengembangkan potensi yang dimilikinya. Salah sata permasalahan di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yaitu kurangnya pemanfaatan dan pengembangan media pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya keterampilan siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakaah ada perbedaan antara nilai keterampilan siswa yang diajar menggunkan video pembelajaran dan modul pembelajaran.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent control grup design. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Langsa yang dibagi menjadi kelas eksperimen dengan jumlah 23 siswa dan kelas kontrol dengan jumlah 22 siswa. Siswa dinilai menggunakan instument performans (unjuk Kerja) yang berupa praktik dilaboraturium guna untuk mengetahui keterampilan praktik siswa pada ranah psikomotor. Analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis adalah analisis menggunakan uji-t. Uji-t digunakan untuk melihat ada tidaknya perbedaan dari kedua variabel yang diteliti.
Berdasarkan penelitian dan analisis yang sudah dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol didapat rata-rata nilai untuk kelas eksperimen adalah 85,72 dan kelas kontrol 72,95. Setelah dilakukan uji prasyarat analisis data sampel berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t pada tingkat kepercayaan 95% pada α = 0.05 dan dk (n1+n2) – 2 dengan kriteria pengujian yang berlaku adalah Ha diterima apabila thitung > ttabel dan Ho ditolak apabila thitung < ttabel. Berdasarkan hasil perhitungan didapat thitung = 5,83 dan ttabel sebesar 2,01. Karena nilai thitung > ttabel yaitu 5,83 > 2,01 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada penggunaan video pembelajaran dan modul terhadap hasil praktik merawat peralaran rumah tangga listrik siswa kelas XI SMK Negeri 2 Langsa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 ELK 056 |
Keywords: | Video Pembelajaran; Modul; Praktik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC501 Electricity |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 10:00 |
Last Modified: | 01 Oct 2021 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33779 |