SARAGIH, ARNISYAH (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN THINK PAIR SHARE DI SMA NEGERI 1 DOLOK MASIHUL. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141111004 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
2. NIM. 4141111004 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 4141111004 ABSTRACT_doc.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4. NIM. 4141111004 PREFACE_doc.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
5. NIM. 4141111004 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM. 4141111004 ILLUSTRATION_doc.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4141111004 TABLES_doc.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4141111004 APPENDICES_doc.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
9. NIM. 4141111004 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 4141111004 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
14. NIM. 4141111004 BIBLIOGRAPHY_docx.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Think Pair Share di SMA Negeri 1 Dolok Masihul. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA Negeri 1 Dolok Masihul yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 252 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 7 kelas
secara acak yaitu kelas eksperimen 1 yang berjumlah 36 orang dan kelas eksperimen 2 yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa adalah tes kemampuan komunikasi matematis yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil
penelitian menunjukkan bahwa data pretest dan posttest dari kelas eksperimen 1 dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran Think Pair Share diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 1 pretest sebesar 53,4722 dan posttest sebesar 81,7708 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 untuk pretest sebesar 51,3888 dan posttest sebesar 78,2986. Hasil uji t dengan dua arah dengan dk = 70 dan a = 0,05, diperoleh data pretest dngan thitung = 0,6946 dan ttabel = 1,6698 sehingga ttabel > thitung yaitu 1,6698 > 0,6946 maka H0 diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa sebelum diberi
perlakuan siswa mempunyai kemampuan awal yang sama. Sedangkan pada data posttest diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 1,6971 > 1,6698 yang berarti diterims
Ha sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan Think Pair Share di SMA Negeri 1 Dolok Masihul.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 162 |
Keywords: | Model pembelajaran Kooperatif Tipe jigsaw dan think pair share; kemampuan komunikasi matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 09:46 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 03:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33761 |