SITORUS, EVA ANGGITA (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODEL ICARE TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI AKT SMK NEGERI 7 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 7142142009 COVER.Pdf.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 7142142009 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (386kB) | Preview
3. NIM 7142142009 PREFACE.Pdf.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
4. NIM 7142142009 ABSTRACK.pdf.pdf - Published Version
Download (662kB) | Preview
5. NIM 7142142009 TABEL OF CONTENT.Pdf.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
6. NIM 7142142009 TABLE.Pdf.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 7142142009 ILLUSTRATION.Pdf.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM 7142142009 APPENDICES.Pdf.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
9. NIM 7142142009 CHAPTER 1.Pdf.pdf - Published Version
Download (572kB) | Preview
13. NIM 7142142009 CHAPTER V.Pdf.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
14. NIM 7142142009 BIBLIOGRAPHY.Pdf.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
Abstract
Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI Akt SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model
pembelajaran ICARE lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI AK SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan yang beralamat di
Jalan STM No.12 E Kampung Baru, Sitirejo II, Kecamatan Medan Amplas..
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas XI Akuntansi yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 211 siswa. Dan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan XI Ak 4 sebagai kelas eksperimen berjumlah 31 siswa dan XI
Ak 5 sebagai kelas kontrol berjumlah 31 siswa sehingga jumlah sampel pada penelitian ini yaitu 62 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes ini berupa pilihan berganda sebanyak 20 soal. Teknik Analisis data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas,uji homogenitas dan pengujian hipotesis menggunakan Uji-t pada taraf 0,05.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pretest siswa kelas eksperimen = 49,03 dengan standar deviasi = 9,35 dan nilai rata-rata post-test siswa = 70,48 dengan standar deviasi = 8,60. Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas kontrol = 44,35 dengan standar deviasi = 11,05 dan nilai rata-rata post-test siswa = 55,32 dengan standar deviasi = 11,18. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung< Ltabel) dan homogen (Fhitung< Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan diperoleh thitung> ttabel (6,24 > 1,671), yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan 95% atau α 0,05% dengan dk= n1+ n2-2 = 60. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan Model Pembelajaran ICARE lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI AK di SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2018/ 2019 pada materi pelajaran utang lancar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 AKT 132 |
Keywords: | model pembelajaran icare, model pembelajaran konvensional, hasil belajar akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5601 Accounting. Bookkeeping L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 09:44 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 02:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33759 |