RIDHO SETIAWAN, RIKI (2018) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK PADA SISWA KELAS X BIDANG KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.-NIM.-5141121024-COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2.-NIM.-5141121024-ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
3. NIM. 5141121024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (566kB) | Preview
4. NIM. 5141121024 PREFACE.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
5.-NIM.-5141121024-TABLE-OF-CONTENT.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
6.-NIM.-5141121024-LIST-OF-TABLES.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
7.-NIM.-5141121024-LIST-OF-ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8.-NIM.-5141121024-LIST-OF-APPENDICES.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
9. NIM. 5141121024 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (602kB) | Preview
13. NIM. 5141121024 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
14. NIM. 5141121024 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya hasil belajar mata pelajaran gambar teknik. Hasil belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk diantaranya kecerdasan emosional dan kemandirian belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: (1) mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar, (2) mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar, (3) mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan kemandirian belajar dengan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X bidang keahlian teknik pemesinan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam sebanyak 106 orang siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu proportionate stratified random sampling, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 84 orang siswa. Teknik Pengumpulan data penelitian untuk variabel bebas menggunakan angket, sedangkan variabel terikat menggunakan tes. Validitas isi diperoleh melalui expert judgment. Validitas instrument menggunakan korelasi product moment pearson. Reliabilitas instrument angket dengan koefisien alpha cronbach, sedangkan instrument tes dengan koefisien split half. Untuk instrumen tes hasil belajar dihitung juga daya pembeda, tingkat kesukaran serta efektifitas distraktor. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: (1) analisis deskriptif. (2) uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, linieritas dan multikolinearitas. (3) Uji hipotesis meliputi korelasi product moment, korelasi parsial dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar gambar teknik dengan nilai ryx1 > rtabel = 0,839 > 0,215 dengan signifikansi lebih kecil dari 0,05 dan korelasi parsial ryx1.x2 = 0,768 dengan thitung > ttabel = 10,798 > 1,989 dengan signifikansi lebih kecil dari 0,05. (2) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kemandirian belajar dengan hasil belajar gambar teknik dengan nilai ryx2 > rtabel = 0,797 > 0,215 dengan signifikansi lebih kecil dari 0,05 dan korelasi parsial ryx2.x1 = 0,704 dengan thitung > ttabel = 8,926 > 1,989 dengan signifikansi lebih kecil dari 0,05. (3) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kecerdasan emosional dan kemandirian belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar dengan nilai R = 0,922 dan Fhitung = 230,601 > Ftabel = 3,109 dengan signifikansi lebih kecil dari 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan kemandirian belajar mempunyai hubungan yang positif dan berarti terhadap hasil belajar gambar teknik. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kecerdasan emosional dan kemandirian belajar, maka semakin tinggi pula hasil belajar gambar teknik siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MSN 063 |
Keywords: | Kecerdasan Emosional, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Gambar Teknik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 09:41 |
Last Modified: | 10 Apr 2019 02:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33756 |