SANDI, EMIL (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ELASTISITAS ZAT PADAT DAN HUKUM HOOKE KELAS XI DI SMA SWASTA DHARMA PANCASILA MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4142121018 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
3. NIM 4142121018 ABSTRACT_docx.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. NIM 4142121018 APPROVAL SHEET_docx.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
4. NIM 4142121018 PREFACE_docx.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM 4142121018 TABLE OF CONTENT_docx.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
6. NIM 4142121018 TABLE_docx.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM 4142121018 ILLUSTRATION_docx.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM 4142121018 APPENDICES_docx.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
9. NIM 4142121018 CHAPTER I_docx.pdf - Published Version
Download (468kB) | Preview
13. NIM 4142121018 CHAPTER V_docx.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
14. NIM 4142121018 BIBLIOGRHAPY_docx.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi elastisitas dan hukum Hooke. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain control two group
pretest-posttest. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil dua kelas dari empat kelas yaitu kelas XI MAI-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA-3 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing berjumlah 30 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam ranah kognitif berbentuk uraian yang terdiri dari 7 soal yang sudah divalidasi dan lembar observasi untuk mengukur aktivitas. Dari hasil penelitian
diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 29,00 dan kelas kontrol dengan rata-rata 28,05. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training sebesar 73,95 sedangkan pada kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata 59,62. Perkembangan aktivitas di kelas eksperimen diperoleh rata-rata dengan kategori aktif. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji beda (uji-t) diperoleh ada pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi elastisitas dan hukum Hooke kelas XI di SMA Swasta Dharma
Pancasila Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 FIS 176 |
Keywords: | model inquiry training, hasil belajar fisika, aktivitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 09:14 |
Last Modified: | 09 Apr 2019 02:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33723 |