ANGGRAINI, RIKA (2018) PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMA PANCA BUDI MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7143141076 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM 7143141076 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
3. NIM 7143141076 PREFACE.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
4. NIM 7143141076 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
5. NIM 7143141076 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
6. NIM 7143141076 TABLES.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
7. NIM 7143141076 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 7143141076 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM 7143141076 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (559kB) | Preview
13. NIM 7143141076 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM 7143141076 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendapatan orang tua dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Panca Budi Medan T.P 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS yang berjumlah 59 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik total sampling dimana sampelnya berjumlah 59 orang. Data pendapatan orang tua dan fasilitas belajar di peroleh dengan menggunakan angket dan data prestasi belajar ekonomi siswa di peroleh dari DKN atau Daftar Kumpulatif Nilai. Uji validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus Pearson Product Moment dan uji reliabilitas angket diperoleh dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan rumus analisis regresi berganda, uji t / parsial, uji F /Simultan dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan analasis data dengan menggunakan program SPSS 20.0 diperoleh persamaan Y = 35,058 + 0,130 X1 + 0,419 X2+ e, selanjutnya variabel Pendapatan orang tua (X1) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai thitung > ttabel (2,955 > 1,672) dan nilai sig (0,004< 0,05). Sedangkan fasilitas belajar siswa (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai thitung > ttable (3,598 > 1,672) dan nilai sig (0,001 < 0,05). Secara bersama-sama pendapatan orang tua dan fasilitas belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi dengan nilai sig < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Persentase sumbangan pengaruh pendapatan orang tua dan fasilitas belajar terhadp prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 60,3 %
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 EKO 107 |
Keywords: | PENDAPATAN ORANG TUA, FASILITAS BELAJAR, PRESTASI BELAJAR |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 11:48 |
Last Modified: | 08 Apr 2019 07:36 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33707 |