Siregar, Andriani (2018) PENGARUH AKREDITASI SEKOLAH DAN PERSEPSI GURU MENGENAI SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI 8 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 7141141004 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2. NIM 7141141004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
3. NIM 7141141004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4. NIM 7141141004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM 7141141004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (218kB) | Preview
6. NIM 7141141004 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 7141141004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
8. NIM 7141141004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
9. NIM 7141141004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (402kB) | Preview
13. NIM 7141141004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
14. NIM 7141141004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (294kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kurang terbukanya para guru dalam mengungkapkan kepuasan mereka atas kepemimpinan kepala sekolah, kurangnya disiplin kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya dan kurangnya komunikasi kepala sekolah dengan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh akreditasi sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri 8 Medan, (2) pengaruh persepsi guru mengenai
supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri 8 Medan, (3) pengaruh akreditasi sekolah dan persepsi guru mengenai supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri 8 Medan. Jenis Penelitian ini ex post facto.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMP Negeri 8 Medan yaitu 54 orang. Teknik yang digunakan adalah total sampling dan teknik pengumpulan data adalah melalui observasi, dokumenasi dan angket/kuesioner. Sebelum angket
diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka dilakukan uji coba instrument untuk mengetahui validitas dan reliabilitas angket.Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, persamaan regresi linear berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) ada pengaruh positif dan signifikan antara akreditasi sekolah terhadap kinerja guru yang ditunjukkan dengan thitung > ttabel yaitu 3,937 > 1,674 dan angka signifikan sebesar 0,000 < 0,05.
(2) ada pengaruh yang positif dan signifikan persepsi guru mengenai supervisi kepala sekolahterhadap kinerja guru thitung > ttabel yaitu 2,292 > 1,674 dan angka
signifikan sebesar 0,000 < 0,05. (3) ada pengaruh yang positif dan signifikan akreditasi sekolah dan persepsi guru mengenai supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP Negeri 8 Medan T.P 2017/2018 yang ditunjukkan dengan Fhitung > Ftabel (94,307>3,18) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh Y = 19,279 + 0,533X1 + 0,290X2 yang menunjukkan bahwa akreditasi sekolah (X1) dan persepsi guru mengenai supervisi kepala
sekolah (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru (Y). Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,787 yang menunjukkan pengaruh variabel akreditasi sekolah persepsi guru mengenai supervisi kepala sekolah terhadap
kinerja guru 78,7%
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 NIAGA 055 |
Keywords: | akreditasi sekolah, persepsi guru mengenai supervisi kepala sekolah, kinerja guru |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 11:47 |
Last Modified: | 08 Apr 2019 07:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33706 |