PASARIBU, FAZRIANI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI SMP SWASTA TAMAN SISWA MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4142111008 COVER.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
2 NIM. 4142111008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
3 NIM. 4142111008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
4 NIM. 4142111008 PREFACE.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
5 NIM. 4142111008 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6 NIM. 4142111008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
7 NIM. 4142111008 TABLES.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
8 NIM. 4142111008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
9 NIM. 4142111008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13 NIM. 4142111008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
14 NIM. 4142111008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (533kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas VIII SMP Swasta Taman Siswa Medan Tahun Ajaran 2018/2019 dan untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah 38 orang siswa kelas VIII-2 SMP Swasta Taman Siswa Medan dan objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan operasi hitung aljabar. Penelitian tindakan terdiri dari 2 siklus, di mana pada akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan komunikasi. Hal ini dapat dilihat pada pelaksanaan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada tes awal diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 45,13 dengan 7 orang siswa (18,42%) memperoleh nilai ≥65. Pada hasil tes kemampuan komunikasi matematis siswa yang diberikan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 67,36 dengan 23 orang siswa (60,52%) memperoleh nilai ≥65 dan pada siklus II meningkat menjadi 80,26 dengan 33 orang siswa (86,84%) memperoleh nilai ≥65. Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui pembelajaran model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) berjalan dengan baik dengan alokasi waktu yang diatur pada saat permainan Horay serta memodifikasi model yang digunakan pada saat permainan horay yaitu siswa yang sudah mempresentasikan ke depan kelas tidak boleh lagi untuk mendapatkan giliran mempresentasikannya. Dalam pengorganisasian kelompok juga harus kelompok yang heterogen untuk dapat melatih kerja sama dalam kelompok. Berdasarkan uraian-uraian diatas dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Course Review Horay (CRH) pada materi operasi hitung aljabar di kelas VIII-2 SMP Swasta Taman Siswa Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 168 |
Keywords: | Model pembelajara CRH, Kemampuan komunikasi matematis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 11:26 |
Last Modified: | 08 Apr 2019 06:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33696 |