SARAGIH, ERVAN AGGEL ROFAN (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2113111027 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM 2113111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (599kB) | Preview
3. NIM 2113111027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
4. NIM 2113111027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
5. NIM 2113111027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
6. NIM 2113111027 TABLES.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
7. NIM 2113111027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 2113111027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
12. NIM 2113111027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
13. NIM 2113111027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan menulis teks laporan observasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam sebanyak 207 dan sampel diambil secara acak sebanyak 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen. Rumus yang digunakan adalah uji “t”. Dari pengelolahan data, diperoleh nilai rata-rata pretest = 64,12 standar deviasi = 9 digolongkan pada kategori baik=20%, kategori cukup = 37,5% kategori kurang = 27,5% dan kategori sangat kurang = 15%. Nilai rata-rata postest = 75,25, sandar deviasi = 8,29 dan dikategorikan pada kategori sangat baik = 22,5% baik = 42,5%, cukup = 27,5% dan kurang =7,5%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pretest dan postest dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahuilah t0 sebesar 5,70. selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df = N-1 yakni 40-1 = 39. Dari df 40 diperoleh taraf signifikansi 5%= 2,03. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 5,70 > 2,03 makka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping berpengaruh terhadap kemampuan menulis tekslaporan observasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 150 |
Keywords: | model pembelajaran mind mapping, menulis teks laporan observasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 10:32 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33654 |