PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

SARAGIH, ERVAN AGGEL ROFAN (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN OBSERVASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 2113111027 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2113111027 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2113111027 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2113111027 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (599kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2113111027 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2113111027 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2113111027 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2113111027 PREFACE.pdf - Published Version

Download (214kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2113111027 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2113111027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2113111027 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2113111027 TABLES.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2113111027 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2113111027 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2113111027 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2113111027 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (409kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2113111027 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2113111027 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2113111027 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2113111027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan menulis teks laporan observasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam sebanyak 207 dan sampel diambil secara acak sebanyak 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode eksperimen. Rumus yang digunakan adalah uji “t”. Dari pengelolahan data, diperoleh nilai rata-rata pretest = 64,12 standar deviasi = 9 digolongkan pada kategori baik=20%, kategori cukup = 37,5% kategori kurang = 27,5% dan kategori sangat kurang = 15%. Nilai rata-rata postest = 75,25, sandar deviasi = 8,29 dan dikategorikan pada kategori sangat baik = 22,5% baik = 42,5%, cukup = 27,5% dan kurang =7,5%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pretest dan postest dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahuilah t0 sebesar 5,70. selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df = N-1 yakni 40-1 = 39. Dari df 40 diperoleh taraf signifikansi 5%= 2,03. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 5,70 > 2,03 makka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping berpengaruh terhadap kemampuan menulis tekslaporan observasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Lubuk Pakam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 IND 150
Keywords: model pembelajaran mind mapping, menulis teks laporan observasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 05 Apr 2019 10:32
Last Modified: 05 Apr 2019 03:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33654

Actions (login required)

View Item
View Item