TARIGAN, FATIMAH CHAIRUN NIZA (2018) HUBUNGAN PEMAHAMAN ISI DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSEMPLUM OLEH SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 PANCURBATU TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 2113311025 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM 2113311025 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (762kB) | Preview
3. NIM 2113311025 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM 2113311025 PREFACE.pdf - Published Version
Download (307kB) | Preview
5. NIM 2113311025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6. NIM 2113311025 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM 2113311025 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
8. NIM 2113311025 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
12. NIM 2113311025 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
13. NIM 2113311023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan pemahaman isi dengan kemampuan menulis teks eksemplum, hubungan pemahaman ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks eksemplum, serta hubungan pemahaman isi dan ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks eksemplum oleh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pancurbatu tahun pembelajaran 2017/2018. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 226 siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan cara random sampling yaitu sebanyak 4 atau 5 orang siswa dari masing-masing kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi. Data pemahaman isi dan ciri kebahasaan siswa dijaring dengan menggunakan tes objektif pilihan berganda yang valid sebanyak 20 soal dan tes essay untuk menjaring kemampuan menulis teks eksemplum siswa. Sebelum dilakukan pengujian data, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka data berdistribusi normal dan linier. Dari pengolahan data diperoleh variabel X1 dengan rata-rata 72,34 termasuk dalam kategori cukup, rata-rata X2 sebesar 76,56 termasuk dalam kategori baik, dan rata-rata variabel Y sebesar 67,34 termasuk dalam kategori cukup. Dari perhitungan uji korelasi variabel X1 dengan variabel Y diperoleh rhitung > rtabel (0,470 > 0,349). Uji korelasi antara variabel X2 dengan variabel Y diperoleh rhitung > rtabel (0,448 > 0,349). Hubungan antara variabel XI dan X2 dengan variabel Y diperoleh rhitung > rtabel (0,808 > 3,49). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimplkan bahwa pemahaman isi dan pemahaman ciri kebahasaan, baik itu sendiri-sendiri maupun bersama-sama memiliki hubungan yang signifikan dengan kemampuan menulis teks eksemplum pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Pancurbatu Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 151 |
Keywords: | Isi, Ciri Kebahasaan, Kemampuan Menulis Teks Eksemplum |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 10:32 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33653 |