Sablimai, Luki (2019) PENGEMBANGAN MEDIA VIDIO ONTERAKTIF PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SDN 101732 KAMPUNG LALANG. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8136182029 COVER.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
2. NIM 8136182029 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (365kB) | Preview
3. NIM 8136182029 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4. NIM 8136182029 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
5. NIM 8136182029 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
6. NIM 8136182029 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
7. NIM 8136182029 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
8. NIM 8136182029 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
9. NIM 8136182029 BAB I.pdf - Published Version
Download (201kB) | Preview
13. NIM 8136182029 BAB V.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
14. NIM 8136182029 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Mengembangkan media video interaktif
pembelajaran tematikpada siswa kelas V SDN 101732 Kampung Lalang yang
layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran sebagai sumber belajar. (2)
Mengetahui efektivitas media video interaktif pembelajaran tematik yang
dihasilkan, dalam meningkatkan hasil belajar tematik tema udara bersih bagi
kesehatan.Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau yang
biasa kita sebut R&D (Research and Development) dengan mengikuti prosedur
dari Borg and Gall. Subjek uji coba terdiri dari dua ahli materi, dua ahli desain
pembelajaran, dan dua ahli rekayasa perangkat lunak, tiga siswa untuk uji coba
perorangan, sembilan siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan dua puluh siswa
untuk uji coba lapangan. Data tentang kualitas produk ini dikumpulkan dengan
angket atau kuesioner. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis
deskriptif kualitatif.Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan; (1) uji ahli
materi tematik termasuk dalam kategori sangat baik (82,33%), (2) uji ahli desain
pembelajaran dalam penilaian dengan kategori baik (88,55%), (3) ahli rekayasa
perangkat lunak berada pada kategori baik (94,10%), (4) uji coba perorangan
berada pada kulifikasi sangat baik (91,43%), (5) uji coba kelompok kecil berada
pada kulifikasi sangat baik (93,63%), (6) uji coba lapangan berada pada
kulifikasi sangat baik (97,96%).Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa
terdapat perbedaan yang signifikan antar hasil belajar siswa yang dibelajarkan
dengan menggunakan media video interaktif dengan hasil belajar siswa yang
dibelajarkan dengan media gambar. Hal ini ditunjukkan dari hasil pengolahan
data dimana diperoleh thitung sebasar 1.23 pada taraf signifikan ɑ=0,05 dengan dk
38 diperoleh ttabel =14,68, sehingga thitung >ttabel. Disimpulkan bahwa hasil belajar
siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media video interaktif adalah
sebesar 80% dan lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan
menggunakan media gambar yaitu sebesar 75%
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sab p |
Keywords: | Media Video Interaktif, Pembelajaran Tematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Apr 2019 03:54 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 03:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33637 |