sofiyah, Khotna (2018) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) BERBASIS BUDAYA MANDAILING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI MIN SIHADABUAN PADANGSIDIMPUAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8166181013. COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2. 8166181013. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (941kB) | Preview
3. 8166181013. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
4. 8166181013. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
6. 8166181013. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. 8166181013. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
7. 8166181013. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. 8166181013. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
9. 8166181013. BAB I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. 8166181013. BAB V.pdf - Published Version
Download (226kB) | Preview
14. 8166181013. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (448kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pendidikan
matematika realistik berbasis budaya Mandailing (PMR-BBM) lebih baik
daripada pembelajaran biasa (PB) terhadap kemampuan pemecahan masalah
matematis dan kemandirian belajar siswa. Selain itu penelitian ini juga melihat
kesalahan yang paling dominan dilakukan siswa terhadap tahapan pemecahan
masalah matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN Sihadabuan
Padangsidimpuan. Sampel penelitian ini adalah kelas VA dan kelas VB yang
berjumlah 66 siswa. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan
analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial Anacova dan Uji Mann
Whitney menggunakan program SPSS versi 20.0. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pengaruh pendekatan PMR-BBM lebih baik daripada pembelajaran biasa
terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Hal ini terlihat dari hasil
anacova dengan konstanta persamaan regresi untuk kelas pendekatan PMR-BBM yaitu
7,163 lebih besar daripada kelas pembelajaran biasa yaitu 4,862 serta selisih rata-rata
pretes dan postes kelas PMR-BBM yaitu 10,18 lebih besar daripada pembelajaran biasa
yaitu 6,75. Pengaruh pendekatan PMR-BBM lebih baik daripada PB terhadap
kemandirian belajar siswa, dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 serta Mean Rank kelas
PMR-BBM yaitu 41,86 lebih besar dibandingkan kelas PB yaitu 25,14. Kesalahan
memeriksa kembali jawaban merupakan yang paling dominan dilakukan siswa.
Kemudian, merencanakan penyelesaian masalah, memahami masalah dan menyelesaikan
masalah sesuai rencana. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa ketika mengerjakan
soal kemampuan pemecahan masalah adalah kesalahan diakibatkan kecerobohan,
kesalahan keterampilan proses, kesalahan mentransformasikan informasi dan kesalahan
dalam memahami soal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Sof p |
Keywords: | Matematika Realistik, Budaya Mandailing, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemandirian Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 04 Apr 2019 03:46 |
Last Modified: | 04 Apr 2019 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33636 |