Sihaloho, Dame (2018) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU IPS MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SMP NEGERI KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
1 Cover.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
2. Pengesahan.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
3. Abstrak.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. Bab I.pdf - Published Version
Download (907kB) | Preview
13. Bab V.pdf - Published Version
Download (648kB) | Preview
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (268kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru IPS
dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw melalui supervisi
klinis di SMP Negeri Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang Penelitian
ini dilaksanakan di dua sekolah yaitu di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Pancur
Batu Kabupaten Deli Serdang. Subjek Penelitian ini adalah guru IPS sebanyak 5
orang guru , yang terdiri atas 2 orang guru IPS di SMP Negeri 1 Pancur Batu dan
3 orang guru di SMP Negeri 2 Pancur Batu. Fokus penelitian adalah kemampuan
guru IPS dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan kemampuan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Desain penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan sebanyak dua
siklus. Dimana setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi atau tahap balikan. Pada siklus pertama
rata-rata kemampuan guru dalam menyusun RPP sebesar 76,25 dengan kategori
cukup dan pada siklus kedua meningkat menjadi 93,33 dengan kategori amat baik,
dan rata-rata nilai yang diperoleh guru IPS dalam penerapan model pembelajaran
Jigsaw pada siklus pertama sebesar 73,18 dengan kategori cukup dan pada siklus
II mencapai peningkatan yaitu 92,27 dengan kategori amat baik. Kesimpulan
penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan
kemampuan guru IPS menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di
SMP Negeri Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.3 Sih u |
Keywords: | Supervisi Klinis, Kemampuan Guru IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Mar 2019 09:38 |
Last Modified: | 21 Mar 2019 09:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33633 |