UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU IPS MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SMP NEGERI KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG

Sihaloho, Dame (2018) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU IPS MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SMP NEGERI KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 Cover.pdf]
Preview
Text
1 Cover.pdf - Published Version

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of 2. Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 3. Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 4. Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 5. Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 6. Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 7. Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 8. Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 9. Bab I.pdf]
Preview
Text
9. Bab I.pdf - Published Version

Download (907kB) | Preview
[thumbnail of 13. Bab V.pdf]
Preview
Text
13. Bab V.pdf - Published Version

Download (648kB) | Preview
[thumbnail of 14. Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru IPS
dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw melalui supervisi
klinis di SMP Negeri Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang Penelitian
ini dilaksanakan di dua sekolah yaitu di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Pancur
Batu Kabupaten Deli Serdang. Subjek Penelitian ini adalah guru IPS sebanyak 5
orang guru , yang terdiri atas 2 orang guru IPS di SMP Negeri 1 Pancur Batu dan
3 orang guru di SMP Negeri 2 Pancur Batu. Fokus penelitian adalah kemampuan
guru IPS dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan kemampuan
menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Desain penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan sebanyak dua
siklus. Dimana setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi atau tahap balikan. Pada siklus pertama
rata-rata kemampuan guru dalam menyusun RPP sebesar 76,25 dengan kategori
cukup dan pada siklus kedua meningkat menjadi 93,33 dengan kategori amat baik,
dan rata-rata nilai yang diperoleh guru IPS dalam penerapan model pembelajaran
Jigsaw pada siklus pertama sebesar 73,18 dengan kategori cukup dan pada siklus
II mencapai peningkatan yaitu 92,27 dengan kategori amat baik. Kesimpulan
penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan
kemampuan guru IPS menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di
SMP Negeri Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.3 Sih u
Keywords: Supervisi Klinis, Kemampuan Guru IPS, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Mar 2019 09:38
Last Modified: 21 Mar 2019 09:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33633

Actions (login required)

View Item
View Item