IMPLEMENTASI STANDAR PENDIDIK PADA PENYELENGGARAAN PAUD DI TK KOTA MEDAN (Studi Kasus Di TK Hikmatul Fadillah, TK Al-Warif, TK Al-Ikhlas)

Satriyadi (2019) IMPLEMENTASI STANDAR PENDIDIK PADA PENYELENGGARAAN PAUD DI TK KOTA MEDAN (Studi Kasus Di TK Hikmatul Fadillah, TK Al-Warif, TK Al-Ikhlas). Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. COVER.pdf]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of 2. PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 4. KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 5. DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 6. DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 7. DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 9. BAB 1.pdf]
Preview
Text
9. BAB 1.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 13 BAB V.pdf]
Preview
Text
13 BAB V.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertolak dari implementasi standar penyelenggaran PAUD masih
banyak yang belum menerapkannya sesuai standar yang diberlakukan oleh
pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualifikasi pendidikan
pada Guru PAUD di kota Medan dan kompetensi yang dimiliki guru PAUD di
kota Medan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek
penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru sebagai informan kunci. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancaradan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi pedagogik pada
Guru Pendidikan Anak Usia Dini sangat penting dalam kegiatan pembelajaran
baik dari pendidikan formal maupun pendidikan nonformal, namun pada
kenyataannya sebagian guru Pendidikan Anak Usia Dini masih memiliki
kompetensi pedagogik yang kurang baik dalam pemahaman peserta didik,
perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran.Hal ini dapat dilihat dari guru yang
selalu tidak membuat perencanaan pembelajaran sebelum pelaksanaan
pembelajaran dan evaluasi hasil belajar.Hal ini dapat dilihat dari guru yang tidak
teratur dalam mengevaluasi hasil belajar.Dalam pemanfaatan hasil belajar,
kompetensi profesional guru relatif kurang baik, dimana semua guru berpredikat
sarjana namun kurang relevan dengan bidangnya, memiliki perangkat
pembelajaran namun hanya copy paste, menerapkan pembelajaran dengan model
pembelajaran yang menyenangkan

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.2 Sat i
Keywords: Standar Pendidik, PAUD, dan Kompetensi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
L Education > LC Special aspects of education > LC47 Private school education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 21 Mar 2019 09:27
Last Modified: 21 Mar 2019 09:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33631

Actions (login required)

View Item
View Item