Ningsih, Arie Dwi (2019) ANALISIS KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PROSES ANAK USIA DINI DI TK GENERASI AMANAH DESA SAMPALI KECAMATAN PERCUT SEI TUAN KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
8156181038 1. COVER-converted.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8156181038 2. APPROVEL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
8156181038 3. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
8156181038 4. PREFACE.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
8156181038 5. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8156181038 6. TABLES LIST.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8156181038 7. ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
8156181038 8 CHART LIST.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
8156181038 9. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (385kB) | Preview
8156181038 13.CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
8156181038 14. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (185kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi sejauh mana intensitas
pertemuan dan peran orang tua dalam mempengaruhi perkembangan keterampilan
proses pada anak usia dini. Kemudian penelitian ini juga bertujuan untuk
memperoleh informasi apakah terdapat hubungan antara intensitas dengan peran
orang tua dalam pengembangan keterampilan proses pada anak usia dini. Penelitian
ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilakukan di TK Generasi
Amanah. Sampel diambil berdasarkan purposive sampling, yaitu sebanyak 8 orang
tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara,
observasi, catatan lapangan dan rekaman video. Dalam pengumpulan data, baik
kuesioner, wawancara dan observasi masing masing menggunakan lembar dan
pedoman sesuai dengan kisi kisi yang telah dibuat sebelumnya. Data dianalisis
dengan mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa intensitas pertemuan orang tua dengan jumlah waktu 12 – 15
jam dalam sehari serta berperan 1) membangun komunikasi yang baik antara orang
tua dan anak, 2) mendampingi anak dalam proses belajar baik di sekolah maupun di
rumah, 3) menjadi teman dan fasilitator ketika anak membutuhkan teman diskusi, 4)
memperhatikan perkembangan dan pertumbuhan anak sesuai usia perkembangannya,
5) menjadi teman bermain anak dan membantu anak memecahkan segala persoalan
yang dihadapinya, 6) menfasilitasi dan menyediakan sarana pendukung belajar anak,
7) memberi penjelasan kepada anak tentang baik buruknya suatu masalah, 8)
menghargai dan mempertimbangkan alasan argumen anak, 9) memotivasi anak agar
selalu rajin belajar melalui penghargaan sederhana, 10) menjadi pendengar yang baik
bagi anak, kemudian memberikan penjelasan atas pertanyaan yang diajukan, 11)
menjadi mentor yaitu orang tua bisa memberikan saran-saran yang sesuai dengan
kebutuhan anak, tidak terlalu memaksakan kehendak dan memberikan kebebasan
dalam anak mengambil keputusan untuk diri mereka sendiri. Dengan catatan, mereka
mampu bertanggung jawab atas pilihan yang dibuat. Dengan peran tersebut
berdasarkan hasil penelitian dapat membantu pengembangan keterampilan proses
pada anak usia dini khususnya di TK Generasi Amanah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Nin a |
Keywords: | Keterlibatan orang tua, Keterampilan Proses. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2371 Graduate education L Education > LC Special aspects of education > LC47 Private school education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Mar 2019 09:22 |
Last Modified: | 21 Mar 2019 09:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33630 |