Nahdani, Siti (2019) PENGARUH PERMAINAN KONSTRUKTIF DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL AL-FITRAH. Masters thesis, UNIMED.
1. 8156182075 Cover.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. 8156182075 Pengesahan.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
3. 8156182075 Abstrak.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4. 8156182075 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
5. 8156182075 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
6. 8156182075 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
7. 8156182075 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. 8156182075 Bab I.pdf - Published Version
Download (772kB) | Preview
12. 8156182075 Bab V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
13. 8156182075 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (495kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertolak dari pembelajaran yang dilakukan cenderung berpusat pada
guru yaitu pembelajaran didominasi oleh guru, siswa hanya mendengarkan apa
yang disampaikan oleh guru mengakibatkan kemampuan mengenal konsep
bilangan anak rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk
mengetahui pengaruh permainan konstruktif terhadap kemampuan mengenal
konsep bilangan anak; (2) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan mengenal
konsep bilangan anak yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan anak yang
memiliki motivasi belajar rendah; dan (3) Untuk mengetahui interaksi antara
bermain konstruktif dengan motivasi belajar anak terhadap kemampuan mengenal
konsep bilangan;. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi
penelitian ini adalah peserta didik kelas A1, A2, A3, di Raudhatul Athfal Al-Fitrah
Binjai dan sebagai sampel dalam penelitian ini adalah kelas A1 sebanyak 24 siswa
untuk kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan Bermain balok
angka dan Bermain ular tangga dan untuk kelas kontrol kelas A2 sebanyak 24.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata Kemampuan mengenal konsep
bilangan siswa yang mendapatkan pembelajaran balok angka sebesar 45.46 dan
siswa yang mendapatkan pembelajaran Ular Tangga sebesar 35.63; dengan
demikian Motivasi belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran balok angka
sebesar lebih besar dari pada siswa yang mendapatkan pembelajaran Ular Tangga;
(2) Anak yang memiliki Motivasi tinggi memperoleh nilai rata – rata = 48.26,
sedangkan anak yang memiliki Motivasi rendah memperoleh nilai rata – rata =
31.1. Dengan demikian Motivasi belajar anak yang bermain balok angka lebih
tinggi daripada motivasi belajar anak yang bermain ular tangga; dan (3) Nilai
rataan setiap kelompok data bahwa Konsep bilangan siswa yang diajar dengan
pembelajaran Balok angka yakni kelompok tinggi (52.5), dan kelompok rendah
(35.6), anak yang diajar dengan pembelajaran ular tangga yaitu kelompok tinggi
(42.92), dan kelompok rendah (27.00), menunjukkan bahwa secara signifikan
tidak terdapat interaksi antara penggunaan pembelajaran dan motivasi belajar
anak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.2 Nah p |
Keywords: | Permainan Konstruktif, Motivasi Belajar, dan Konsep Bilangan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education > LC47 Private school education L Education > LT Textbooks |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Mar 2019 04:01 |
Last Modified: | 21 Mar 2019 04:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33628 |