Azhima, Fauziatun (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS EKSPLANASI BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 TANJUNGBALAI. Masters thesis, UNIMED.
1. 8166182028 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. 8166182028 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
3. NIM 8156191007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
4. NIM 8156191007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5. NIM 815619100 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
5. NIM 815619100 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
6. NIM 8156191007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
7. NIM. 8156191007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
8. NIM 8156191007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
9. NIM 8156191007 BAB I.pdf - Published Version
Download (530kB) | Preview
13. NIM 8156191007 BAB V.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
14. NIM 8156191007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (281kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proses pengembangan bahan
ajar menulis teks eksplanasi berbasis masalah yang dikembangkan pada siswa
kelas XI SMA Negeri 5 Tanjungbalai, (2) Mendiskripsikan kelayakan bahan ajar
menulis teks eksplanasi berbasis masalah yang dikembangkan pada siswa kelas XI
SMA Negeri 5 Tanjungbalai, dan (3) Mengetahui hasil pengembangan bahan ajar
menulis teks eksplanasi berbasis masalah yang dikembangkan pada siswa kelas XI
SMA Negeri 5 Tanjungbalai. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan
berdasarkan model pengembangan Borg & Gall. Subjek uji coba terdiri dari ahli
materi, ahli desain, guru bahasa Indonesia, dan siswa kelas XI SMA Negeri 5
Tanjungbalai. Hasil validasi dari ahli materi meliputi kelayakan isi dengan ratarata
88,88% pada kriteria sangat baik, kelayakan penyajian dengan rata-rata
87,59% dengan kriteria sangat baik, dan aspek bahasa dengan rata-rata 87,50%
dengan kriteria sangat baik. Hasil validasi dari ahli desain memperoleh rata-rata
87,50% dengan kriteria sangat baik, dan respon guru dengan rata-rata 83,82%
pada kriteria sangat baik. Uji coba perorangan dengan rata-rata 76,39% pada
kriteria sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 80,09% pada
kriteria sangat baik, dan uji lapangan terbatas dengan rata-rata 87,04% pada
kriteria sangat baik. Hasil belajar tes menulis teks eksplanasi siswa sebelum
menggunakan handout sebesar 75,15 sedangkan hasil belajar tes menulis teks
eksplanasi siswa sesudah menggunakan handout meningkat sebesar 85,00%. Hal
ini membuktikan bahwa bahan ajar menulis teks eksplansi yang dikembangkan
dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran
berbasis masalah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 411 Azh p |
Keywords: | teks, bahan ajar, eksplanasi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics) P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87 Communication. Mass media |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 19 Mar 2019 02:11 |
Last Modified: | 19 Mar 2019 02:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33602 |