Siahaan, Reinhard Esrada (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LIMAPULUH KABUPATEN BATUBARA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126122038 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 8126122038 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
3. NIM. 8126122038 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM. 8126122038 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
5. NIM. 8126122038 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM. 8126122038 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
7. NIM. 8126122038 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 8126122038 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
9. NIM. 8126122038 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (586kB) | Preview
13. NIM. 8126122038 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
14. NIM. 8126122038 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah dan strategi pembelajaran ekspositori, 2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak dengan siswa yang memiliki gaya berpikir acak abstrak, 3) mengetahui ada atau tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir dalam mempengaruhi hasil belajar biologi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Limapuluh Kabupaten Batubara. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 108 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling. Metode penelitian yang digunakan eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05 dengan uji F dan uji lanjut menggunakan uji Scheffe. Temuan penelitian menunjukkan: 1) hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar biologi siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dengan Fhitung> Ftabel (7,63 > 3,99), 2) hasil belajar biologi siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya berpikir acak abstrak dengan Fhitung> Ftabel (7,37 > 3,99), 3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya berpikir dalam mempengaruhi hasil belajar biologi siswa dengan Fhitung> Ftabel (21,15 > 3,99). Hasil uji Scheffe untuk hasil belajar biologi siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori teruji kebenarannya.Untuk uji Scheffe terhadap hasil belajar biologi siswa yang memiliki gaya berpikir sekuensial abstrak yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki gaya berpikir acak abstrak yang juga dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah teruji kebenarannya
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.7 Sia p |
Keywords: | Strategi pembelajaran, gaya berpikir, hasil belajar biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Mar 2019 03:25 |
Last Modified: | 18 Mar 2019 03:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33583 |