Simanjuntak, Rinaldo Abednego (2018) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN MUSIKAL TERHADAP HASIL BELAJAR SOLFEGIO PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8126122039 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
2. NIM. 8126122039 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (676kB) | Preview
3. NIM. 8126122039 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
4. NIM. 8126122039 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
5. NIM. 8126122039 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
6. NIM. 8126122039 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
7. NIM. 8126122039 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
8. NIM. 8126122039 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
9. NIM. 8126122039 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (839kB) | Preview
13. NIM. 8126122039 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
14. NIM. 8126122039 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui perbedaan hasil belajar Solfegio siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran Quantum Learning dan strategi pembelajaran Ekspositori, 2) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki kecerdasan musikal tinggi dengan siswa yang memiliki kecerdasan musikal rendah, 3) mengetahui ada atau tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan musikal dalam mempengaruhi hasil belajar Solfegio siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Pematangsiantar. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI PMIA yang berjumlah 251 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster random sampling. Metode penelitian yang digunakan eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis varians dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05 dengan uji Bartlett dan uji lanjut menggunakan uji Scheffe. Temuan penelitian menunjukkan: 1) hasil belajar Solfegio siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran Quantum Learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar Solfegio siswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori dengan Fhitung > Ftabel (16,29 > 3,99), 2) hasil belajar Solfegio siswa yang memiliki kecerdasan musikal tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan musikal rendah dengan Fhitung > Ftabel (10,23 > 3,99), 3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan musikal dalam mempengaruhi hasil belajar Solfegio siswa dengan Fhitung > Ftabel (17,47 > 3,99). Hasil uji Scheffe untuk hasil belajar Solfegio siswa yang memiliki kecerdasan musikal tinggi yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran Quantum Learning lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan musikal tinggi yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran Ekspositori teruji kebenarannya. Untuk uji Scheffe terhadap hasil belajar Solfegio siswa yang memiliki kecerdasan musikal tinggi yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran Quantum Learning lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecerdasan musikal rendah yang juga dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran Quantum Learning teruji kebenarannya
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 370.114 Sim p |
Keywords: | Strategi Pembelajaran, Kecerdasan Musikal, Hasil Belajar Solfegio |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Mar 2019 02:32 |
Last Modified: | 18 Mar 2019 02:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33577 |