prawita, Desi (2018) PENGEMBANGAN TES PENGETAHUAN KONSEPTUAL PADA MATERI FLUIDA DI SMA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8166176003 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. NIM. 8166176003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (706kB) | Preview
3. NIM. 8166176003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
4. NIM. 8166176003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
5. NIM. 8166176003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
6. NIM. 8166176003 TABLES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
7. NIM. 8166176003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
8. NIM. 8166176003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
9. NIM. 8166176003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (578kB) | Preview
13. NIM. 8166176003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
14. NIM. 8166176003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun soal objektif tes pengetahuan
konseptual pada materi Fluida di SMA yang memenuhi standar kualifikasi tes
yang baik ditinjau dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya
pembeda, dan efektifitas pengecoh. Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan (Developmental Research), dengan menggunakan metode
penelitian dan pengembangan (Research and Development). Teknik analisis data
yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif meliputi
materi, konstruksi, dan bahasa sedangkan analisis data kuantitatif meliputi
validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda dan efektifitas pengecoh.
Data diolah dengan menggunakan program Ms. Excel. Langkah penelitian yang
digunakan menggunakan langkah penelitian menurut Borg and Gall (1989)
dikutip dari Sukmadinata (2006) yaitu Studi pendahuluan, perencanaan
penelitian, pengembangan desain, uji ahli, revisi hasil uji ahli, uji coba kelompok
kecil, revisi uji kelompok kecil, uji coba kelompok besar, revisi uji kelompok
besar, setelah itu didapat instrument tes pengetahuan konseptual pada materi
fluida di SMA yang memenuhi instrument tes yang baku. Hasil penelitian
ditinjau dari analisis kualitatif, kualitas soal tes pengetahuan konseptual pada
materi Fluida di SMA adalah Sangat Baik dengan persentase keidealan 90.1%.
Ditinjau dari analisis kuantitatif, kualitas soal tes pengetahuan konseptual pada
materi Fluida di SMA adalah Baik. Analisis dari 50 butir soal tes pengetahuan
konseptual pada materi fluida diperoleh 45 butir soal diterima pada uji coba
kelompok kecil. Selanjutnya dari 45 butir soal pada uji kelompok besar
diperoleh: (1) 37 butir valid (82.2%) dan 8 butir tidak valid (17.8%). (2) Soal
memiliki reliabilitas baik yaitu 0.817. (3) Berdasarkan taraf kesukaran, sebanyak
7 soal mudah (15.5%), 26 soal sedang (57.8%), dan 12 soal sulit (26.7%). (4)
Berdasarkan daya pembeda, terdapat 26 soal termasuk kategori baik sekali
(57.8%), 8 soal termasuk kategori baik (17.8%), 5 soal termasuk kategori cukup
(11.1%), dan 6 soal termasuk kategori jelek (13.3%). (5) Berdasarkan
keefektifan pengecoh, terdapat 37 butir efektif (82.2%) dan 8 butir tidak efektif
(17.8%). Sehingga diperoleh butir soal tes pengetahuan konseptual yang
berkualitas baik sebanyak 31 soal diterima (69%), 6 soal direvisi (13.3%), dan 8
soal ditolak (17.7%).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 535.3 Pra p |
Keywords: | Tes Pengetahuan Konseptual, Fluida, Validitas, Reliabilitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC750 Magnetism |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Mar 2019 02:18 |
Last Modified: | 18 Mar 2019 02:18 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33571 |