mentari, Sri (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP NEGERI 1 BERINGIN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERKONTEKS BUDAYA JAWA. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156171070 COVER.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
2. NIM 8156171070 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 8156171070 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
4. NIM 8156171070 PREFACE.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
5. NIM 8156171070 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. NIM 8156171070 TABLES.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
7. NIM 8156171070 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
8. NIM 8156171070 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
9. NIM 8156171070 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM 8156171070 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
14. NIM 8156171070 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (607kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Validitas perangkat PBM-BBJ yang dikembangkan; 2) Kepraktisan Perangkat PBM-BBJ yang dikembangkan; 3) Efektivitas perangkat PBM-BBJ yang dikembangkan; 4) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa SMPN 1 Beringin dengan menggunakan perangkat PBM-BBJ yang dikembangkan; 5) Peningkatan Self-Efficacy siswa dengan menggunakan perangkat PBM-BBJ yang dikembangkan; dan 6) Kesalahan jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan komunikasi matematik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan perangkat PBM-BBJ dengan menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat PBM-BBJ yang dikembangkan di kelas VIII/2 dan VIII/1 SMPN 1 Beringin. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Perangkat PBM-BBJ yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas silabus = 4,60, RPP = 4,50, buku pegangan guru = 4,60, buku siswa = 4,60, LAS = 4,60; 2) Perangkat PBM-BBJ yang dikembangkan praktis, ditinjau dari: a) penilaian ahli/praktisi perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut dinyatakan dapat diterapkan; b) hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah memenuhi kategori sangat tinggi dan lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah dapat dikatakan baik; 3) Perangkat PBM-BBJ yang dikembangkan efektif, ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; c) waktu pembelajaran sama dengan pembelajaran biasa; d) respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran positif; 4) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa dengan menggunakan perangkat PBM-BBJ yang dikembangkan; 5) Peningkatan Self-Efficacy siswa dengan menggunakan perangkat PBM-BBJ yang dikembangkan; dan kesalahan jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari uji coba I.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 2 Men p |
Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran, PBM-BBJ. Komunikasi Matematik, Self-Efficacy. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LT Textbooks Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 15 Mar 2019 08:40 |
Last Modified: | 15 Mar 2019 08:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33569 |