PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP NEGERI 1 BERINGIN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERKONTEKS BUDAYA JAWA

mentari, Sri (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP NEGERI 1 BERINGIN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERKONTEKS BUDAYA JAWA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 8156171070 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 8156171070 COVER.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 8156171070 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 8156171070 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 8156171070 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 8156171070 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 8156171070 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 8156171070 PREFACE.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 8156171070 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 8156171070 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 8156171070 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 8156171070 TABLES.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 8156171070 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 8156171070 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 8156171070 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 8156171070 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 8156171070 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 8156171070 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 8156171070 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 8156171070 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (542kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 8156171070 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 8156171070 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (607kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Validitas perangkat PBM-BBJ yang dikembangkan; 2) Kepraktisan Perangkat PBM-BBJ yang dikembangkan; 3) Efektivitas perangkat PBM-BBJ yang dikembangkan; 4) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa SMPN 1 Beringin dengan menggunakan perangkat PBM-BBJ yang dikembangkan; 5) Peningkatan Self-Efficacy siswa dengan menggunakan perangkat PBM-BBJ yang dikembangkan; dan 6) Kesalahan jawaban siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan komunikasi matematik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan perangkat PBM-BBJ dengan menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat PBM-BBJ yang dikembangkan di kelas VIII/2 dan VIII/1 SMPN 1 Beringin. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Perangkat PBM-BBJ yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas silabus = 4,60, RPP = 4,50, buku pegangan guru = 4,60, buku siswa = 4,60, LAS = 4,60; 2) Perangkat PBM-BBJ yang dikembangkan praktis, ditinjau dari: a) penilaian ahli/praktisi perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut dinyatakan dapat diterapkan; b) hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah memenuhi kategori sangat tinggi dan lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah dapat dikatakan baik; 3) Perangkat PBM-BBJ yang dikembangkan efektif, ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; c) waktu pembelajaran sama dengan pembelajaran biasa; d) respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran positif; 4) Peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa dengan menggunakan perangkat PBM-BBJ yang dikembangkan; 5) Peningkatan Self-Efficacy siswa dengan menggunakan perangkat PBM-BBJ yang dikembangkan; dan kesalahan jawaban siswa pada uji coba II lebih baik dari uji coba I.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Men p
Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran, PBM-BBJ. Komunikasi Matematik, Self-Efficacy.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 15 Mar 2019 08:40
Last Modified: 15 Mar 2019 08:40
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33569

Actions (login required)

View Item
View Item