Pulungan, Syarifah Husna (2018) ANALISIS KEMAMPUAN PROSES SAINS, SIKAP ILMIAH DAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XI IPA SMA DI KABUPATEN PADANG LAWAS PADA POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN MELALUI PRAKTIKUM. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM.8156173018 COVER .pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
2. NIM.8156173018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (555kB) | Preview
3. NIM.8156173018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
4. NIM.8156173018 PREFACE .pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
5. NIM.8156173018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
6. NIM.8156173018 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
7. NIM.8156173018 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
8. NIM.8156173018 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
9. NIM.8156173018 CHAPTER I .pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
13. NIM.8156173018 CHAPTER V .pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
14. NIM.8156173018 BIBLIOGRAPHY .pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan proses sains, sikap ilmiah, berpikir kritis siswa berdasarkan indikator pada materi Sistem Pencernaan di kelas XI IPA SMA di Kabupaten Padang Lawas .penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA sebanyak 126 orang. Kemampuan proses sains siswa diperoleh dengan menggunakan tes dalam bentuk uraian, sikap ilmiah dengan angket, sedangkan berpikir kritis diperoleh menggunakan tes dalam bentuk uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan proses sains siswa SMA Kabupaten Padang Lawas tergolong sedang (77). Berdasarkan indikator kemampuan proses sains adalah baik untuk observasi (80), interprestasi data (75), berhipotesis (74), merencanakan percobaan (83), menerapkan konsep (74), berkomunikasi (76), mengelompokkan (78), menafsirkan (81), mengajukan pertanyaan (68). Sikap ilmiah siswa SMA Kabupaten Padang Lawas tergolong sedang (75). Berdasarkan indikator sikap ingin tahu (73), sikap luwes (78), sikap kritis (76), sikap jujur (74), sikap ketelitian (74). Berpikir kritis siswa SMA Kabupaten Padang Lawas tergolong sedang (69). Berdasarkan indikator menghubungkan (69). Membandingkan dan kontras (69). Kelompok dan klasifikasi (70). Pengurutan (68). Memprioritaskan (68). Menganalisis (68). Mendeteksi bias (69). Mengevaluasi (69). Membuat kesimpulan (70). Disimpulkan bahwa kemampuan proses sains, sikap ilmiah, dan berpikir kritis siswa walaupun tergolong baik tetapi masih perlu peningkatan upaya untuk hasil yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570 Pul a |
Keywords: | Kemampuan Proses sains, Sikap Ilmiah, Berpikir Kritis, Sistem Pencernaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 14 Mar 2019 09:24 |
Last Modified: | 14 Mar 2019 09:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33561 |