PRAYOGI, ANDIKHA (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA YANG BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER DI KELAS VIII SMPN 2 LABUHAN DELI T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4141111002 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM 4141111002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
3. NIM 4141111002 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM 4141111002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
5. NIM 4141111002 PREFACE.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
6. NIM 4141111002 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
7. NIM 4141111002 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
8. NIM 4141111002 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
9. NIM 4141111002 LIST OF APPEDICES.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
15. NIM 4141111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
10. NIM 4141111002 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (469kB) | Preview
14. NIM 4141111002 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15. NIM 4141111002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (371kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division di kelas VIII SMPN 2 Labuhan Deli T.A 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMPN 2 Labuhan Deli yang terdiri dari 4 kelas dipilih 2 kelas secara acak yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen I yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen II yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division. Instrumen berupa pretest dan posttest yang berbentuk essay dan sudah divalidasi oleh guru matematika SMPN 2 Labuhan Deli dan 2 dosen jurusan matematika FMIPA UNIMED.
Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen I adalah 40,41218638 dan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen II adalah 38,97849462 dari hasil analisis data pretest berdistribusi normal dan homogen. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen I adalah 83,5125448 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen II adalah 75,08960573 dari hasil analisis data posttest berdistribusi normal dan homogen. Setelah dilakukan uji hipotesis pada pretest diperoleh thitung(0,3924367187) berdasrkan kriteria –ttabel(-2,00)< thitung(0,3924367187)< ttabel(2,00). Maka Ho diterima sehingga tidak terdapat perbedaan pretest kelas eksperimen I dengan kelas eksperimen II. Dilakukan uji hipotesis pada posttest, diperoleh thitung(2,5067109934) berdasarkan kriteria thitung(2,5067109934)< ttabel(1,67). Maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together lebih baik daripada siswa yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 107 |
Keywords: | NUMBERED HEAD TOGETHER, STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION, KOMUNIKASI MATEMATIS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 12 Mar 2019 15:05 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 02:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33505 |