Sirait, Khairul Umam (2019) PENGARUH STRATEGI REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) DAN POINT COUNTER POINT TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI EKOLOGI DI SMA NEGERI 4 KOTA TANJUNGBALAI. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156173008 COVER.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
2. NIM 8156173008 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
3. NIM 8156173008 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (205kB) | Preview
4. NIM 8156173008 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
5. NIM 8156173008 DAFTAR IS1.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
5. NIM 8156173008 DAFTAR IS1.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM 8156173008 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
7. NIM 8156173008 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
8. NIM 8156173008 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM 8156173008 BAB I.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
13. NIM 8156173008 BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
14. NIM 8156173008 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi REACT terhadap: (1)
keterampilan proses sains, (2) kemampuan pemecahan masalah pada materi ekologi di
kelas X SMA Negeri 4 Tanjungbalai. Teknik analisis data menggunakan Analisis
Covariat (ANCOVA) pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan SPSS 25.00. Hasil
penelitian menunjukkan: (1) ada pengaruh yang signifikan strategi REACT terhadap
keterampilan proses sains siswa (F = 53,23; P = 0,00). Hasil uji Tukey’s menunjukkan
bahwa keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan strategi REACT 3,43 ±
0,22 secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan proses sains
dari kelas yang dibelajarkan dengan strategi point counter point 3,309 ± 0,28 dan
secara signifikan berbeda juga dengan keterampilan proses sains kelas yang
dibelajarkan dengan strategi konvensional 2,07 ± 0,34dengan keterampilan proses
sains dari kelas yang dibelajarkan dengan strategi konvensional 2,07 ± 0,34. (2) ada
pengaruh yang signifikan strategi REACT terhadap kemampuan pemecahan masalah (F =
9,93; P = 0,00). Hasil uji Tukey’s menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah
siswa yang dibelajarkan dengan strategi REACT 84,18 ± 5,03 secara signifikan lebih
tinggi dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah pada kelas yang
dibelajarkan dengan strategi pembelajaran point counter point 82,90 ± 5,31 dan
secara signifikan berbeda juga dengan keterampilan proses sains yang
dibelajarkan dengan strategi konvensional 73,73 ± 5,43.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 577 Sir p |
Keywords: | Strategi pembelajaran REACT, Strategi pembelajaran Point-counterpoint, Keterampilan proses sains, Kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 12 Mar 2019 02:34 |
Last Modified: | 12 Mar 2019 02:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33400 |