PASARIBU, RIBKA (2018) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT DAN BLENDED LEARNING DI KELAS X SMA NEGERI 3 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4133111046 COVER.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
2. NIM. 4133111046 LEMBAR PENGESAHAN (1).pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
3. NIM. 4133111046 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 4133111046 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
5. NIM. 4133111046 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
6. NIM. 4133111046 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
7. NIM. 4133111046 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
8. NIM. 4133111046 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
9. NIM. 4133111046 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
10. NIM. 4133111046 BAB I.pdf - Published Version
Download (581kB) | Preview
14. NIM. 4133111046 BAB V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
15. NIM. 4133111046 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (414kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif Team Games Tournament (TGT) dan Blended
Learning pada siswa SMA Negeri 3 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Medan semester II T.P. 2017/2018 yang terdiri dari 10 kelas paralel. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIA 4 sebagai
kelas eksperimen I yang telah diajarkan materi trigonometri dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen II yang telah diajarkan materi trigonometri dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Blended Learning dimana masing-masing jumlah sampel 32 orang dalam tiap kelas. Penelitian ini menggunakan instrumen tes yaitu pretest dan posttest yang berbentuk uraian yang telah divalidasi oleh tim
ahli. Dari hasil analisis data pretest disimpulkan bahwa kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama. Nilai rata-rata posttest pada kelas TGT adalah 89 dengan nilai terendah 76 dan nilai tertinggi 84. Nilai rata-rata posttest pada kelas Blended Learning adalah 78,81 dengan nilai terendah 66 dan nilai tertinggi 94. Dari uji hipotesis data posttest pada kedua sampel diperoleh t hitung> t tabel( 7,3238
> 1,66667) artinya bahwa hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Blended Learning di kelas X SMA Negeri 3 Medan T.A 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 104 |
Keywords: | HASIL BELAJAR, TEAM GAMES TOURNAMENT, BLENDED LEARNING |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 15:26 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 06:40 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33371 |