GINTING, MARIA MEILANI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS X SMA SWASTA MASEHI GBKP BERASTAGI T. A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. COVER.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
3. RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (270kB) | Preview
4. 4141111027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
5. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
10. BAB I.pdf - Published Version
Download (689kB) | Preview
14. BAB V.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas X SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi T. A. 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Two Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas X-MIA 3 sebanyak 41 siswa sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan kontekstual dan kelas X-MIA 1 sebanyak 41 siswa sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes kemampuan pemecahan masalah dalam bentuk uraian sebanyak 4 soal yang telah dinyatakan valid oleh tim ahli. Uji Hipotesis menggunakan uji t satu pihak.
Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas data. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata pretes 60,6 dan standar deviasi 7,69 sedangkan nilai rata-rata postes 90 dan standar deviasi 8,23. Pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretes 61,7 dan standar deviasi 7,05 sedangkan nilai rata-rata postes 79 dan standar deviasi 7,67
Dari analisis data postes dengan menggunakan uji t satu pihak taraf diperoleh thitung > ttabel = 6,321 > 1,667 maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Division) dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas X SMA Swasta Masehi GBKP Berastagi T. A. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 094 |
Keywords: | KOOPERATIF TIPE STAD; PENDEKATAN KONTEKSTUAL; KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 14:58 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 03:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33360 |