PUTRI, FIRLYA AISYAH (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 12 MEDAN T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4141111014 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM. 4141111014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (188kB) | Preview
3. NIM. 4141111014 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4. NIM. 4141111014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
5. NIM. 4141111014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
6. NIM. 4141111014 CONTENTS.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
7. NIM. 4141111014 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 4141111014 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 4141111014 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
10. NIM. 4141111014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (618kB) | Preview
14. NIM. 4141111014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
15. NIM. 4141111014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
Abstract
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning dan Group Investigation
(GI) dengan pendekatan saintifik di kelas VIII SMP Negeri 12 Medan T.A 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 12 Medan yang berjumlah 9 kelas kemudian dilakukan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII-2 dan VIII-6 yang masing-masing berjumlah 31 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah posttest yang berbentuk uraian soal. Posttest ini digunakan untuk mengetahui perbedaan kemampuan
penalaran matematis siswa setelah diberikan perlakuan yang berbeda. Berdasarkan penelitian yang di lakukan di kelas eksperimen I dengan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas eksperimen II dengan model pembelajaran Group
Investigation (GI) diperoleh bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen I sebesar 84,32 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen II sebesar 76,58. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t 2 pihak dengan dk = 60, peluang (1-1/2) dan = 0,05, maka diperoleh thitung = 3,724 dan ttabel = 2,0003 sehingga thitung > ttabel yaitu 3,724 > 2,0003 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh
kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning dan Group Investigation (GI) dengan pendekatan saintifik di kelas VIII SMP Negeri 12
Medan T.A. 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 MAT 095 |
Keywords: | DISCOVERY LEARNING; GROUP INVESTIGATION; PENALARAN MATEMATIS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 14:51 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 03:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33357 |