PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 12 MEDAN T.A. 2017/2018

PUTRI, FIRLYA AISYAH (2018) PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS VIII SMP NEGERI 12 MEDAN T.A. 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4141111014 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4141111014 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4141111014 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4141111014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4141111014 BIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4141111014 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4141111014 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4141111014 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4141111014 PREFACE.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4141111014 PREFACE.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4141111014 CONTENTS.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4141111014 CONTENTS.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4141111014 LIST OF ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4141111014 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4141111014 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4141111014 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4141111014 LIST OF APPENDICES.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4141111014 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 4141111014 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 4141111014 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (618kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4141111014 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4141111014 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 4141111014 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 4141111014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning dan Group Investigation
(GI) dengan pendekatan saintifik di kelas VIII SMP Negeri 12 Medan T.A 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 12 Medan yang berjumlah 9 kelas kemudian dilakukan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII-2 dan VIII-6 yang masing-masing berjumlah 31 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah posttest yang berbentuk uraian soal. Posttest ini digunakan untuk mengetahui perbedaan kemampuan
penalaran matematis siswa setelah diberikan perlakuan yang berbeda. Berdasarkan penelitian yang di lakukan di kelas eksperimen I dengan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas eksperimen II dengan model pembelajaran Group
Investigation (GI) diperoleh bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen I sebesar 84,32 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen II sebesar 76,58. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji t 2 pihak dengan dk = 60, peluang (1-1/2) dan  = 0,05, maka diperoleh thitung = 3,724 dan ttabel = 2,0003 sehingga thitung > ttabel yaitu 3,724 > 2,0003 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh
kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Discovery Learning dan Group Investigation (GI) dengan pendekatan saintifik di kelas VIII SMP Negeri 12
Medan T.A. 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2018 MAT 095
Keywords: DISCOVERY LEARNING; GROUP INVESTIGATION; PENALARAN MATEMATIS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 11 Mar 2019 14:51
Last Modified: 27 Mar 2019 03:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33357

Actions (login required)

View Item
View Item