HARIANJA, ROSELOVITA (2018) KORELASI KEMAMPUAN MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 12 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 2133111066 COVER.pdf - Published Version
Download (44kB) | Preview
02. NIM 2133111066 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (677kB) | Preview
03. NIM 2133111066 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
04. NIM 2133111066 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (224kB) | Preview
05. NIM 2133111066 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
06. NIM 2133111066 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
07. NIM 2133111066 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
08. NIM 2133111066 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
12. NIM 2133111066 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
13. NIM 2133111066 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Korelasi Kemampuan Membedakan Fakta dan Opini terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-MIPA4 SMA Negeri 12 Medan yang berjumlah 34 siswa. Untuk menjaring data dalam penelitian ini digunakan tes bentuk penugasan pilihan berganda, yaitu tes kemampuan membedakan fakta dan opini kemudian tes essay untuk mengetahui kemampuan menulis teks eksposisi. Dalam penelitian rumus yang digunakan untuk mengetahui korelasi kemampuan membedakan fakta dan opini terhadap kemampuan menulis teks eksposisi adalah rumus korelasi product moment.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, maka diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan memedakan fakta dan opini siswa kelas X SMA Negeri 12 Medan berkategori baik. Hal ini dapat dilihat dengan mean variabel X sebesar 74 dan standard deviasi sebesar 11,34. Kemampuan menulisteks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 12 Medan berkategori baik. Hal ini dapat dilihat dengan mean variabel Y 82,41 standard deviasi 7,15. Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membedakan fakta dan opini terhadap kemampuan menulis teks eksposisi. Koefisien korelasi antara kemampuan membedakan fakta dan opini terhadap kemampuan menulis teks eksposisi adalah sebesar 1,053. Kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi akan lebih baik jika dibarengi dengan kemampuan membedakan fakta dan opini yang baik pula.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 083 |
Keywords: | Membedakan Fakta dan Opini, Menulis, Teks Eksposisi. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 14:51 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 03:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33356 |