SIANTURI, ROTUA DUSIANNA ULI (2018) HUBUNGAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS FABEL OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM 2133111067 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
02. NIM 2133111067 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (658kB) | Preview
03. NIM 2133111067 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
04. NIM 2133111067 ACNOWLEDGEMENT.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
05. NIM 2133111067 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
06. NIM 2133111067 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (181kB) | Preview
07. NIM 2133111067 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
08. NIM 2133111067 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
12. NIM 2133111067 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM 2133111067 BIBIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Gerakan Literasi Sekolah degan kemampuan menulis teks fabel oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Medan yang berjumlah 413 orang. Sampel diambil dari populasi sebanyak 34 orang dengan teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data pada penelitian ini adalah instrumen tes. Dalam hal ini, instrumen yang digunakan untuk menjaring data Gerakan Literasi Sekolah adalah instrumen kuesioner, yaitu tes berbentuk angket yang berisi 24 butir pernyataan yang telah diuji terlebih dahulu, sedangkan instrumen yang digunakan untuk menjaring data kemampuan menulis teks fabel siswa adalah tes penugasan, yaitu tes penugasan menulis teks fabel. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, Minat literasi siswa tergolong ke dalam kategori cukup ( ̅= 69,41). Kedua, kemampuan menulis teks fabel siswa tergolonng ke dalam kategori baik ( ̅= 76,73). Ketiga, ada hubungan yang signifikan antara Gerakan Literasi Sekolah dengan kemampuan menulis teks fabel siswa. Dalam hal ini, pada taraf kepercayaan 5%, > (2,61> 1,69)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2018 IND 084 |
Keywords: | Gerakan Literasi Sekolah, Menulis, Teks Fabel. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar |
Date Deposited: | 11 Mar 2019 14:49 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 03:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/33355 |